Banner Iklan bjb
Berita  

Soal Penghapusan Tenaga Honorer, Begini Penjelasan BKPSDM Sumedang

Pasal 99 Ayat 1 Mewajibkan Instansi Pemerintah Hanya PNS dan P3K

“Maka dengan demikian, pemberlakuan lima tahun sebagaimana pasal 99 ayat 1 jatuh pada tanggal 28 November 2023 yang mewajibkan di instansi pemerintah hanya dua yaitu PNS dan P3K. Sementara, untuk Outsourcing hanya ada untuk Keamanan, Kebersihan dan Pengemudi tidak ada batasan usia,” terangnya.

Sementara itu Pemerhati Kebijakan Pemerintah, Supian Apandi merasa prihatin dan peduli akan Nasib tenaga honorer yang sudah mengabdi puluhan tahun hingga sampai saat ini nasibnya tidak menentu. Hal ini ditambah lagi persyaratan untuk menjadi P3K minimal D3 lalu yang sudah mengabdi tenaga honorer puluhan tahun lulusan SMA mau dikemanakan.

“Kita bicara di daerah saja, khususnya di Kabupaten Sumedang, tenaga honorer yang ada sekarang jumlahnya ribuan. Dari tenaga sukwan di dinas atau instansi yang meliputi tenaga guru, administrasi, bahkan sampai ke pesuruh. Mereka mengabdi bukan satu tahun atau dua tahun bahkan sudah Puluhan tahun. Mayoritas saat ini belum di angkat jadi PNS, kenyataannya tahun 2023 nanti akan dihapus,” ujar Supian.