Dukung Pariwisata Sumedang, SMF Biayai Pembangunan Homestay di Desa Sukajaya

  • Bagikan
MOU Homestay Desa Sukajay

INISUMEDANG.COM – Sebagai upaya mendukung pengembangan pariwisata, PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF) Persero yang merupakan BUMN dibawah naungan Kementerian Keuangan akan membiayai pembangunan Homestay di Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kab. Sumedang.

Demikian disampaikan Direktur Keuangan dan Operasional sekaligus Penanggungjawab Program Inisiatif Strategis untuk Pembiayaan Homestay di Desa Wisata PT. SMF (Persero) Risnadi Yulrisman, seusai Penandatanganan perjanjian kerjasama program kemitraan pembiayaan pembangunan homestay Desa Sukajaya Sumedang, di salah satu Resto di Sumedang, Jumat (24/9/2021).

Risnadi mengatakan, ini merupakan salah satu program inisiatif strategis dari SMF untuk pembiayaan Homestay di daerah yang berpotensi untuk industri pariwisata.

“Jadi, kalau ada industri pariwisata yang membutuhkan pendanaan maka kita hadir disana,” kata Risnadi.

Untuk di Desa Sukajaya sendiri, kata Risnadi, pihaknya menggelontorkan dana senilai Rp 600 juta yang nantinya akan dibangun 4 unit Homestay.

“Kita tahu di sektor wisata itu, merupakan salah satu sektor yang memberikan devisa yang sangat signifikan terhadap perekonomian. Untuk itu, kita hadir untuk memberikan pembiayaan Homestay, khusus di desa wisata,” ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kab. Sumedang Herman Suryatman mengatakan, diharapkan dengan adanya pembiayaan Homestay di Desa Sukajaya dapat membangkitkan kembali perekonomian masyarakat.

“Nanti yang mengelolanya adalah BUMDesa dan masyarakat, tentunya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kalau misalkan keberadaan homestay di Sukajaya ini bagus. Kedep bisa dilanjutkan di desa wisata lainnya di Sumedang,” kata Herman.

Adapun dipilihnya Desa Sukajaya yang akan mendapatkan pembiayaan Homestay dari SMF, kata Herman, karena di Desa Sukajaya merupakan salah satu Desa yang sudah siap. Terlebih Desa Sukajaya letaknya cukup strategis dan tidak jauh dari pusat kota Sumedang.

“Sukajaya letaknya strategis, ditambah beberapa potensi wisata juga sangat bagus, seperti Bukit Toga. Kemudian BUMDesa juga sangat bagus, ditambah dukungan teknologi informasi juga sangat bagus. Dan kedepannya akan dijadikan platform digital tourism. Mudah-mudahan Desa Sukajaya lancar dan Desa wisata lainnya bisa mengikuti,” tutur Herman.

  • Bagikan