oleh

Antisipasi Covid-19, Musrenbang Kabupaten Dilaksanakan Melalui Online

INISUMEDANG.COM – Hal yang berbeda dari biasanya, pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sumedang Tahun 2020 dalam rangka Penyusunan RKPD Tahun 2021, dilaksanakan secara online bertempat di Ruang Kepala Bappppeda IPP Sumedang Selasa, (14/04/2020).

Dalam laporannya Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang menyampaikan bahwa dasar hukum untuk penyelenggaraan Musrenbang Kabupaten Sumedang saat ini adalah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tetang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional serta Permendagri 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan.

“Walaupun dalam keadaan pandemi COVID-19 hari ini kegiatan Murenbang Tahun 2020 tetap harus dilaksanakan melalui media online”. Ujar Tuti Ruswati Kepala Bappppeda Sumedang.

Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST.,MM menyampaikan mengenai Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah dalam rangka Pemulihan Dampak Sosial Ekonomi pasca COVID-19.

“Implikasi Pandemi COVID-19 berdampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi daerah, penurunan penerimaan daerah dan peningkatan belanja daerah dan pembiayaan. Melakukan efesiensi, refocusing dan realokasi kegiatan pada belanja langsung”. Ujarnya.

Bupati mengatakan bahwa untuk efesiensi, refocusing dan realokasi kegiatan pada belanja langsung dengan kriteria Memangkas atau menghapus kegiatan yang tidak prioritas untuk dilakukan pada saat ini dan adanya arahan dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Lembaga lainnya untuk tidak dilaksanakan.

“Belanja modal yang tidak prioritas, Kegiatan pembangunan sarana dan prasarana Kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan, dan Melakukan penyesuaian atau pemberhentian pengadaan barang dan jasa untuk kegiatan-kegiatan yang dapat ditunda pelaksanaannya”. Ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang Hj. Tuti Ruswati, S.Sos.,M.Si, Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan,SE dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Jajang Heryana, SE selaku Narasumber, dan Kepala Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang Dr. Iwa Kuswaeri, MM.

Musrenbang dengan memakai aplikasi Zoom ini juga diikuti oleh Forkopimda, Sekretaris Derah Kabupaten Sumedang, Para Asisten dan Staf Ahli, Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Sumedang, Tim Akselerasi Pembangunan, Unsur Organisasi Sosial, Delegasi Kecamatan dan SKPD, serta pesertamusrenbang lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait