oleh

Urtu Jabatan Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang

INISUMEDANG.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2016 telah membentuk Susunan Perangkat Daerah. Dalam perda tersebut, Dinas Pendidikan merupakan Dinas dengan tipe A yang menyelenggarakan  Urusan Pemerintahan di bidang pendidikan.

Kemudian dalam Peraturan Bupati Sumedang Nomor 5 tahun 2017 tentang Uraian Tugas Jabatan Struktural pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, yang dimaksud pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Perbup tersebut disebutkan menyebutkan bahwa Dinas Pendidikan dipimpin oleh seorang kepala dengan Titelatur Kepala Dinas Pendidikan.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan mempunyai Tugas Pokok membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan di bidang pendidikan.

Tugas Kepala Dinas Pendidikan adalah Mengendalikan kegiatan berkaitan dengan ketatausahaan, rumah tangga, keuangan dan kepegawaian dinas. mengendalikan program wajib belajar Pendidikan Dasar 9 (sembilan) tahun.

Kemudian Menetapkan standar operasional prosedur penyelenggaraan, pengelolaan PAUD, SD, SMP dan DIKMAS. Dan menetapkan pedoman penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan yang berwawasan keunggulan lokal di Kabupaten.

Selain itu Kepala dinas menetapkan rekomendasi dan atau izin pendirian serta pencabutan izin satuan PAUD, SD, SMP dan DIKMAS yang diselenggarakan oleh masyarakat, menetapkan rancangan pembiayaan penyelenggaraan dan pengadaan sarana, prasarana pembelajaran kurikulum PAUD, SD, SMP dan DIKMAS.

Juga menetapkan dan mengendalikan kurikulum PAUD, SD, SMP, DIKMAS dan pendidikan luar biasa, mengendalikan penggunaan buku pelajaran serta pengelolaan sarana dan prasarana PAUD, SD,  SMP dan DIKMAS.

Kemudian menetapkan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan PAUD, SD, dan SMP. Menetapkan peningkatan penguatan pendidikan karakter PAUD, SD, SMP, dan DIKMAS.

Serta mengendalikan kegiatan sertifikasi dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan. menetapkan rancangan kebutuhan penempatan, pengangkatan, usulan pemindahan  dan pemberhentian tenaga pendidik dan kependidikan PAUD, SD, SMP dan DIKMAS.

Menetapkan rencana kegiatan peningkatan kesejahteraan, penghargaan dan perlindungan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD, SD, SMP dan DIKMAS. Menetapkan rencana pembiayaan dan pelaksanaan ujian nasional dan ujian PAUD, SD, SMP dan DIKMAS.

Menetapkan rencana pembiayaan dan pelaksanaan penerimaan siswa baru PAUD, SD, SMP dan DIKMAS. Sistem penjaminan mutu internal dan eksternal PAUD, SD, SMP dan DIKMAS.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait