Tingkatkan PADes, 39 Hektar Tanah Kas Desa Cikondang Sumedang Akan Ditanami Sayur Mayur

  • Bagikan
Tingkatkan PADes

INISUMEDANG.COM – Dalam rangka meningkatan pendapatan asli desa (PAdesa) Cikondang Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang akan memberdayakan masyarakat untuk bertanam sayur mayur di Tanah Kas Desa.

“Untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat dibidang pertanian dan dalam upaya meningkatkan PADes maka Pemdes Cikondang akan memanfaatkan lahan tanah kas Desa seluas 39 Hektar di Desa Cigondang untuk ditanami sayuran mayur dengan asupan pupuk organik,” kata Kades Cikondang Indra Ginanjar Senin (15/11/2021).

Ia mengatakan sebelumnya pihak Pemdes Cikondang sudah berkordinasi dengan Kelompok Tani (Poktan) untuk meralisasikan program

“Kami sudah bermusyawarah dengan masyarakat tani dan pihak investor mudah-mudahan program secepatnya dapat teralisakan,” imbuhnya.

Lebih jauh Kades Cikondang mengatakan, untuk tahap awal lahan akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga

“10 Hektar sementara untuk Satu tahun kedepan akan bekerja sama dengan investor dalam pengelolaannya sebagai langkah untuk uji coba atau percontohan,” paparnya.

Ia menambahkan, pemberdayaan masyarakat merupakan hal terpenting
kareba dapat memberikan manfaat untuk membangun kembali masyarakat setelah dimusim Pandemi Covid-19.

“poin terpenting dapat memberdayakan masyarakat disni sebagai penggarap sekaligus menerima upah perusahaan atau investor,” jelasnya.

Ditempat yang sama Mahfudin (52) Ketua kelompok tani ‘Sauyunan’Desa Cikondang Kecamatan Ganesa Kabuapaten Sumedang mengaku sangat antusias karena dapat meningkatkan perekonomian warga.

“Sangat setuju karena pemberdayaan masyarakat dibidang pertanian dapat memperbaiki kesejahteraan masyarakat disini,” tuturnya

  • Bagikan