Program ‘Bureti’ Kecamatan Situraja Siap Bersinergi Dengan Disdukcapil

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Pemerintah kecamatan Situraja siap bekerjasama dengan Dinas kependudukan dan Pencatatan sipil (disdukcapil) Kabupaten Sumedang untuk menghimbau dan mendata masyarakat untuk segera melaporkan anggota keluarganya yang meninggal supaya bisa diterbitkan akta kematian.

” Kami terus melakukan sosialisasi Bureti (Buku register kematian) yang datanya langsung online dari pemerintahn Desa yang ada di Kecamatan Situraja.” Jelas Camat Situraja H.Sutisna di ruang kerjanya, Rabu, (28/4/2021).

Dikatakan Camat, akta kematian menjadi salah satu persyaratan penting dalam kepengurusan dokumen terkait persoalan ahli waris. Selain untuk kepengurusan uang duka, tunjangan kecelakaan, asuransi, dan kegunaan administrasi lainnya.

“Kenapa kami buat akta kematian karena dari desa kadang-kadang ada yang kurang peduli dan tidak melaporkan ke kami padahal akta kematian sangat penting
juga untuk menentukan jumlah penduduk. Ini salah satu terobosan atau inovasi Kecamatan Situraja“. Ujarnya.

Lebih jauh ia mengatakan, akta kematian juga dibutuhkan untuk validasi data serta banyak manfaat lainnya.

“Akta kematian itu banyak manfaatnya baik oleh anggota keluarga maupun untuk pemerintah daerah. Jadi kalau ada anggota keluarga yang meninggal segera lapor ke Disdukcapil supaya segera didata.” Pungkas Camat

  • Bagikan