Pilkades di Kadujaya Sumedang Draw, Begini Cara Menentukan Pemenangnya

  • Bagikan
Kepala DPMD Kabupaten Sumedang Endah Kusyaman

INISUMEDANG.COM – Perolehan suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Desa Kadujaya Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang, menghasilkan dua pasangan calon yang suaranya imbang/draw.

Dimana dari empat pasang calon yang bertarung pada Pilkades Serentak Desa Kadujaya ada dua pasang yang jumlah suaranya imbang yaitu calon nomor urut 3. Odik Ismanto dan nomor urut 4. Nandi Supriatna dengan perolehan masing-masing 280 suara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, Endah Kusyaman mengatakan, untuk menentukan siapa pemenang atas perolehan jumlah suara yang draw dalam Pilkades Serentak ini, sudah diatur dalam Perbup 53 tahun 2021 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Bupati NOMOR 74 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten
Sumedang Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Dan Pemberhentian Kepala Desa.

Dimana dalam pasal 39 ayat (2) berbunyi, dalam hal Calon Kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak lebih dari 1 (satu) orang, calon terpilih ditetapkan berdasarkan wilayah perolehan suara sah yang lebih luas.

Kemudian, sambung Endah, dalam pasal (3) berbunyi, Wilayah perolehan suara sah yang lebih luas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) berdasarkan jumlah TPS terbanyak. Dan pasal (4) berbunyi, Dalam hal calon Kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak lebih dari 1 (satu) orang sebagaimana dimaksud pada ayat (2) masih tetap sama, maka calon terpilih ditetapkan berdasarkan TPS dengan jumlah pemilih terbanyak yang menggunakan hak suaranya.

Sedangkan pada pasal (5) berbunyi, Dalam hal calon Kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak lebih dari 1 (satu) orang sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (4) masih tetap sama, maka calon terpilih ditetapkan berdasarkan TPS dengan DPT terbanyak.

“Berdasarkan Perbup tersebut, nantinya Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
melaksanakan rapat khusus untuk memutuskan Calon Kepala Desa terpilih yang ditetapkan dengan Keputusan BPD,” tutur Endah.

Untuk jumlah suara draw yang terjadi di Desa Kadujaya sendiri, kata Endah, sudah selesai ditangani oleh pihak panitia Pilkades tingkat Desa.

“Sudah selesai ditangani dengan merujuk ke Perbup 53 tahun 2021, dimana pemenangnya adalah nomor urut 4. Nandi Supriatna. Dan Alhamdulillah tidak ada keberatan dari calon nomor 3,” ujar Endah.

Endah juga menambahkan, jika pelaksanaan Pilkades Serentak di 89 Desa di Kabupaten Sumedang ini telah berjalan sukses tanpa ekses.

“Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada permasalahan di Desa yang melaksanakan pemilihan. Dan saya berharap agar semua Kepala Desa terpilih dapat mengemban amanah yang diberikan oleh masyarakatnya,” tandasnya.

  • Bagikan