Kawanan Monyet Perusak Pertanian Warga di Gunung Golempang Diburu Pawang

  • Bagikan
Pawang Monyet

INISUMEDANG.COM – Kawanan monyet perusak lahan pertanian warga di kawasan Gunung Golempang, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, diburu sejumlah pawang monyet dari daerah Baduy, Banten, Selasa (7/9/2021).

Dilakukannya Perburuan ini, sebagai upaya untuk menindaklanjuti keluhan para petani dari kawasan Gunung Golempang, yang sebelumnya telah disampaikan ke pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.

Dimana berdasarkan laporan yang disampaikan ke pihak BBKSDA Jabar, kawanan monyet di kawasan Gunung Golempang itu, sangat meresahkan masyarakat, karena selain merusak lahan pertanian, kawanan monyet tersebut juga kerap sering mengganggu ketenangan para pengunjung yang sedang berwisata di kawasan wisata Gunung Golempang.

Untuk itu, Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Agro Wisata Gunung Golempang, melalui Pemerintah Desa Darmaraja Kecamatan Darmaraja, menginisiasi usulan perburuan monyet tersebut, agar tidak lagi meresahkan warga sekitar.

“Kami sering menerima keluhan dari para petani di daerah sini, karena hasil pertaniannya dirusak oleh kawanan monyet. Selain itu, kawanan monyet juga merusak fasilitas di tempat wisata ini,” kata Pengelola Agrowisata Gunung Golempang Andri Mulyadi.

Berdasarkan banyaknya keluhan dari masyarakat itu, lanjut Andri, maka sekitar lima bulan yang lalu pihaknya telah mengajukan permohonan kepada BBKSDA Jabar melalui Pemerintah Desa, dengan harapan kawanan monyet di kawasan Gunung Golempang ini dapat segera direlokasi.

Kemudian, tindak lanjut dari laporan tersebut, maka BBKSDA Jabar akhirnya langsung turun ke lokasi dengan membawa 8 orang pawang monyet dari Baduy.

“Hari ini, pelaksana bagian lapangan dari BBKSDA Jabar yang dipimpin oleh Pa Toni Setian, telah datang ke Gunung Golempang untuk melakukan perburuan monyet dengan para pawang dari Baduy,” kata Andri.

Adapun hasil perburuan hari ini, sambung Andri, sedikitnya 52 ekor monyet berhasil ditangkap oleh para pawang. Dan rencananya, hasil buruan ini akan langsung dibawa oleh pihak BBKSDA untuk direlokasi ke habitatnya di daerah lain.

“Perburuan kawanan monyet ini merupakan salah satu upaya kami dalam pengembangan Agrowisata Gunung Golempang serta membantu para petani yang mengeluhkan akan keberadaan kawanan monyet ini. Selain itu, perburuan kawanan monyet juga sebagai upaya agar tidak menggangu pengembangan wisata agar Agrowisata ini tumbuh dan berkembang,” kata Andri menegaskan.

  • Bagikan