2 Hektar Lahan di Kaki Gunung Kareumbi Sumedang Kebakaran

  • Bagikan
pemadaman kebakaran lahan

INISUMEDANG.COM – Kurang lebih 2 hektar lahan Perkebunan PT. Subur Setiadi di Kaki Gunung Kereumbi tepatnya di Dusun Cilayung Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, mengalami kebakaran, Sabtu (18/9/2021) sekitar pukul 20.30 WIB.

Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang Rully Surya S mengatakan, kebakaran terjadi di beberapa Perkebunan tersebut milik PT Subur Setiadi.

“3 titik api masih menyala jauh dari permukiman warga, untuk di dusun Cilayung titik api kurang lebih 2 Km ke permukiman warga. Lahan yang terbakar kurang lebih 2 Hektar,” ujar Rully, kepada wartawan, Sabtu malam.

Atas terjadinya kebakaran lahan hutan tersebut, kata Rully, BPBD kab. Sumedang dan perangkat desa margalaksana meninjau langsung dan berupaya memadamkan api ke lokasi kejadian.

“Tidak ada korban dalam kebakaran itu, dan lokasinya sekitar 2 km dari pemukiman warga. Dan Alhamdulillah api berhasil dipadamkan 23.15 WIB,” ucapnya.

Untuk penyebab kebakaran sendiri, tambah Rully, diperkirakan ada yang membakar ilalang disekitar area perkebunan tersebut.

“Dugaan sementara api diduga dari ada warga yang membakar ilalang. Namun, kami masih kita cari penyebabnya. Dan kami menghimbau agar masyarakat dapat waspada dan selalu berhati-hati dan tidak sembarang membakar ilalang, jika tanpa diawasi,” kata Rully menegaskan.

  • Bagikan