Wisata Alam Patambon Cimanggung, Mulai Ditata 

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Pengembangan wisata alam Patambon Desa Cimanggung Kecamatan Cimanggung terus digenjot pemerintah desa Cimanggung meski terkendala Covid-19. Kini, Pemdes Cimanggung telah menurunkan alat berat untuk membuka akses jalan ke bagian puncak Patambon yang dibawa kaki Gunung Kareumbi.

“Sejatinya, daerah yang masih di bawah Balai Besar Konservasi Sumber daya alam (BKSDA) ini akan diremajakan oleh Pemdes Cimanggung. Ya meski bertahap karena terkendala Covid 19,” kata Kepala Desa Cimanggung Yayat Hidayat.

Pria yang akrab disapa Baskara membenarkan objek wisata Gunung Kareumbi Patambon akan mendongkrak perekonomian warga sekitar. Selain memanfaatkan tiket masuk juga pemberdayaan masyarakat dari sektor parkir dan warung warung makan/kelontongan.

“Jika Patambon diubah menjadi wisata alan, jelas Imbasnya ada peningkatan perekonomian masyarakat dengan berperan sebagai pelaku UMKM seperti berjualan, jasa parkir, tiket, dan sebagainya. Juga bisa menambah objek wisata baru Kabupaten Sumedang,” katanya. 

Bahkan, lanjut Kades, pihaknya sudah mengajukan keinginan tersebut ke Dinas PMD serta Disparbudpora. Dari target 200 Ha, baru beberapa hektar yang sudah ditata. Sebagian, sudah bisa dinikmati masyarakat sekitar untuk ngaliwet dan foto bersama.

“Karena masih dalam proses pembangunan, kami gratis kan tiketnya bagi pengunjung. Ya sekedar mengenalkan ke masyarakat luas, mudah mudahan warga Sumedang juga ikut mampir ke sini,” ujarnya.

Pada awal tahun 2021, lanjut Kades Forkopimda Sumedang telah berkunjung ke Patambon termasuk mendukung pembukaan objek wisata baru yang dikelola desa. Sehingga, nantinya akan masuk ke kas desa dan PAD Sumedang.

“Namun, kami sadar sekarang terhambat oleh pandemi Covid-19. Tapi kami berharap kedepan pemda mau melirik dan mengembangkan wisata Patambon, karena aksesnya dekat dengan Kabupaten Bandung dan Garut,” tuturnya.

Baca Juga : Mahkamah Partai Putuskan Musda Golkar Sumedang Diulang

Meskipun begitu, dia menargetkan 2024 nanti, Gunung Kareumbi Patambon akan menjadi destinasi wisata unggulan di Sumedang. Sebab, selain lokasi strategis dengan Kabupaten Bandung, juga dekat dengan wisata Curug Sindulang dan Curug Lalai.

Seperti diketahui Patamon merupakan kawasan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Taman Buru Masigit Kareumbi, termasuk Dusun Cicalung Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan.

Patambon bisa diakses dari Parakanmuncang masuk ke Desa Cimanggung kemudian masuk ke Dusun Batunantung Desa Cimanggung berbatasan dengan Desa Tegalmanggung.

Kadisparbudpora Sumedang, Hari Tri Santosa mengapresiasi gagasan dan ide tersebut terlebih untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya merasa bangga atas ide warga sekitar bersama volunteer yang semangat untuk menjaga kawasan hutan dari berbagai hal. Apalagi berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan,” ucapnya. 

Namun, kata Harri, akibat pandemi Covid-19, segala kegiatan dan anggaran diserap oleh Covid-19, sehingga pembangunan dan kegiatan berkaitan dengan pariwisata terhambat. 

“Mudah-mudahan kita berdoa Covid-19 cepat berlalu, agar kegiatan kepariwisataan berlanjut,” tandasnya.

  • Bagikan