Wabup Erwan Berharap Kabupaten Sumedang Menjadi Daerah Zero Narkoba

  • Bagikan
Erwan Setiawan - IniSumedang.Com
H. Erwan Setiawan, Wakil Bupati Sumedang

INISUMEDANG.COMWabup H. Erwan Setiawan mengimbau ASN Sumedang menjadi pelopor dan teladan bagi masyarakat dalam pemberantasan Narkoba.

Hal itu disampaikan olehnya pada Workshop Penggiat Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaraan Gelap Narkotika (P4GN) Instansi Pemerintah yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumedang di Safir City Park, Kamis (21/10/2021).

Wabup Erwan pun berharap Kabupaten Sumedang menjadi daerah zero Narkoba dengan terus mensosialisasikan bahaya Narkoba serta upaya pencegahan lainnya di semua tingkatan dan kalangan.

“Jangan berikan ruang bagi para pengguna dan pengedar Narkoba di Sumedang,” ujarnya.

Dikatakan Wabup, dalam mendorong terwujudnya Kabupaten tanggap ancaman Narkoba, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang telah melaksanakan berbagai upaya sesuai dengan surat Edaran Bupati Sumedang Nomor: 354/3331/ Kesbangpol tahun 2019 tentang P4GN. 

“Kami melaksanaan program P4GN bagi ASN, sosialisasi tentang bahaya Narkoba kepada ASN, melaksanakan program desa/kelurahan dan sekolah bersih narkoba (Bersinar), memberikan iimbauan kepada Direktur RSUD atau Kepala Dinas Kesehatan melalui Puskesmas agar lebih meningkatkan layanan rehabilitasi,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Wabup, dibentuk pula Satgas/relawan anti narkoba sekaligus sebagai person in charge (PIC) untuk pelaporan rencana aksi nasional di setiap OPD serta berkoordinasi dengan BNN dan Kantor Kesbangpol Kabupaten Sumedang.

“Strategi tersebut dapat kita upayakan melalu berbagai aspek kehidupan, diawali dari lingkungan keluarga dan masyarakat, baik aspek pendidikan agama, sosial, ekonomi dan aspek hukum,” kata Wabup.

Sementara itu, Kepala BNN Sumedang Herry Sudrajat menyampaikan, workshop tidak hanya melibatkan komponen masyarakat, tetapi juga melibatkan seluruh elemen yang ada, mulai dari unsur Pemerintah Daerah termasuk sektor swasta.

“Hari ini kami melaksanakan kegiatan workshop untuk SKPD. Harapannya para pegiat anti Narkoba ini tidak hanya dari kalangan masyarakat saja, tetapi semua elemen termasuk Pemda dan sektor swasta,” tuturnya.

Khusus untuk masyarakat, kata Herry, BNN melaksanakan program Desa Bersinar di sepuluh desa dan kelurahan pada Tahun 2021.

“Ini merupakan satu rangkaian kegiatan yang masif. Untuk masyarakatnya punya Desa Bersinar. Salah satu outputnya adalah kades atau lurah membentuk Satgas Anti Narkoba untuk melaksanakan deteksi dini d wilayahnya masing masing,” pungkasnya.

  • Bagikan