TP-PKK Desa Cibeureum Kulon Dilantik

  • Bagikan
PKK - IniSumedang.Com

INISUMEDANG.COM – Desa Cibeureum Kulon melaksanakan Pelantikan dan Pengukuhan TP-PKK Desa Cibeureum Kulon Periode Tahun 2021-2026 dan Pembinaan Dasawisma di GOR Cibeureum Kulon, Kamis(15/04/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Cimalaka, Kepala Desa Cibeureum Kulon beserta jajarannya, Ketua RT/RW Dusun batu saeur, sukakaya, babakan pangkalan, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Cibeureum Kulon Gun Gun Turganda, S.H mengatakan, keberadaan kaum perempuan yang dinaungi dalam organisasi PKK memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, serta membantu tugas-tugas pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, terkhusus untum perempuan dan anak-anak.

“Wujud peran strategis gerakan PKK dalam membantu tugas Pemerintah dapat terlihat dari beberapa program PKK yang sangat sinergi dan selaras dengan program – program Pemerintah, diantaranya yakni Upaya penanggulangan kemiskinan, upaya penanggulangan kelaparan, upaya memberikan pelayanan dasar, upaya penurunan angka kematian danak dan meningkatkan kesehatan ibu serta memerangi HIV/AIDS”. Ujar Gun Gun.

Ditempat yang sama Camat Cimalaka Asep Aan Dahlan. S. Sos. M.Si selain mengucapkan selamat kepada para kader PKK yang telah dilantik pada hari ini, juga ia berharap para Tim Penggerak PKK ini dapat bersinergi dengan Pemerintah Desa dalam mewujudkan 10 program pokok PKK tersebut.

Sebelumnya, telah dilantik dikukuhkannya para TP-PKK periode tahun 2021-2026 dan dilaksanakannya Pembinaan Dasawisma kepada para kader tersebut.

“Dapat diketahui, Gerakan Pkk adalah gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, kesadaran  dan lingkungan”. Ujar Asep Aan.

Masih menurut Asep, Sedangkan Dasa wisma adalah kelompok ibu berasal dari 10 KK (kepala keluarga) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program.

“Ketua Kelompok Dasawisma membina 10 rumah dan  mempunyai tugas menyuluh, menggerakan dan mencatat kondisi keluarga yang ada dalam kelompoknya”. Jelasnya.

  • Bagikan