Banner Iklan bjb

Terkendala Jaringan Internet, PPDB SMP di Sumedang Diperpanjang

disdik sumedang
Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Eka Ganjar Kurniawan

INISUMEDANG.COM – Terkendala jaringan internet, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang memastikan memperpanjang waktu Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMP yang dilakukan secara online diperpanjang selama satu hari.

Demikian disampaikan Sekertaris Disdik Kabupaten Sumedang Eka Ganjar saat ditemui IniSumedang.Com di ruang kerjanya, Senin 27 Juni 2022.

Menurutnya, dalam PPDB SMP tahun ajaran 2022-2023 kali ini, Disdik Kabupaten Sumedang telah menerapkan sistem online. Namun, karena melihat pada hari terakhir PPDB online pada hari Kamis 23 Juni 2022, jumlah pendaftar masih dibawah dari gambaran target. Sehingga proses pendaftaran PPDB SMP diperpanjang hingga besok Senin (28/6/2022).

Selain itu, kata Eka, pada pelaksanaan PPDB SMP yang dilakukan secara online ini. Terdapat beberapa kendala lainnya, salah satunya terkendala jaringan internet atau blank spot.

“Ada beberapa daerah yang masih terkendala jaringan internet. Seperti Wilayah Cimanggung tepatnya Sindulang dan wilayah Jatinunggal yaitu wilayah Desa Cimanintin yang masih blank spot,” kata Eka.

Kendati demikian, karena masih dalam masa transisi, lanjut Eka, untuk PPDB online ini, bisa dilakukan dari Sekolah Dasar dimana siswa tersebut lulus sekolah.

“Karena ini pertama kali dilaksanakan di Sumedang, atau masih dalam masa transisi. Sehingga, untuk pendafataran PPDB online ini dibantu oleh SD setempat,” ujarnya.

Eka memastikan, dari 73 SMP di Sumedang yang menerapkan PPDB online sudah siap sarana dan prasarananya. Namun, justru sebaliknya ada beberapa wilayah tempat siswa tinggal masih blank spot.

“Untuk siswa yang lulus sekolah Dasar di Sumedang sekitar 17 ribu lebih. Dan berdasarkan data terakhir pada hari Kamis hampir 7.200 siswa telah mendaftar ke 73 SMP di Sumedang, Untuk jumlah pendaftar keseluruhan bisa dilihat nanti di hari terakhir pendaftaran,” jelasnya.