Puluhan Tahun Tak Teraliri Listrik, Akhirnya Kampung Cigumentong Bisa Bercahaya

  • Bagikan
Cigumentong Bisa Bercahaya

INISUMEDANG – Bahagia bukan kepalang dirasakan warga Cigumentong Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung. Warga pelosok di perbatasan 3 kabupaten yakni Bandung Sumedang Garut itu akhirnya bisa melihat terangnya lampu rumah dan peralatan listrik lainnya. Sebab, PT. PLN Persero dan Pemkab Sumedang telah memasang sambungan listrik ke kampung tersebut.

Penyambungan listrik itu bertepatan dengan 76 tahun Indonesia merdeka, yang dihadiri Manajer PLN UP3 Sumedang, Redi Zusanto dan Bupati Sumedang Dr H Dony Ahmad Munir bersama Forkopimcam Cimanggung, Selasa (5/10).

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir didampingi Manajer PLN UP3 Sumedang, Redi Zusanto mengatakan, bahwa panyambungan listrik kepada 17 Kepala Keluarga (KK) Kampung Cigumentong itu merupakan bukti hadirnya pemerintah dalam memberikan perhatian kepada warganya.

Alhamdulillah Pemda Sumedang bersama PLN dapat merealisasikan harapan warga Cigumentong dalam penggunaan listrik menjadi sarana pendukung kebutuhan sehari hari. Bahkan, penyambungan listrik ini gratis tidak dipungut biaya,” ujar Bupati.

Bupati juga mengapresiasi positif kiprah PLN yang telah menyalurkan dana Coorporate Social Responsibility (CSR)nya guna membantu penyambungan listrik bagi warga Kampung Cigumentong yang berada di pelosok Sumedang tersebut.

Dikesempatan itu, Manajer PLN UP3 Sumedang, Redi Zusanto menyatakan, penyambungan listrik secara gratis dari dana CSR PLN Unit Induk Jabar tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi semua pihak termasuk PLN. Sebab, selama 443 tahun Sumedang berdiri sekarang baru teraliri listrik.

“Ya, penyambungan listrik ini ditandai dengan penyalaan langsung oleh Bupati Sumedang. Dan Insya Allah pada akhir bulan Oktober 2021 nanti, PLN Sumedang akan menyambungkan lagi saluran listrik untuk 35 KK warga Kampung Cisoka,” terangnya.

Ia mengatakan, dengan adanya penyambungan listrik secara gratis tersebut diharapkan dapat mendukung peningkatan perekonomian masyarakat setempat terutama yang berada di pelosok daerah.

“Untuk menjangkau ke Kampung Cigumentong dari gardu terdekat sejauh 1,5 KM atau sebanyak 30 tiang listrik dengan penyambungan 900 VA setiap rumahnya. Kami mendapat dukungan suplai listrik dari Garut dan pemeliharaannya melibatkan PLN Majalaya,” katanya.

Selain itu, imbuh Redi, kegiatan penyalaan listrik juga diwarnai dengan pemberian paket sembako bagi keluarga prasejahtera, paket alat tulis, dan sarana untuk masjid setempat dari Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UP3 Sumedang.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat sekaligus Pemangku Adat Kampung Cigumentong, Jai Suryana menyambut baik adanya program penyambungan listrik gratis dari PLN.

“Terus terang kami bersama warga disini sangat senang dan menjadi kebanggaan tersendiri. Mengingat sudah bertahun tahun lamanya, sekarang bisa menikmati hak penggunaan listrik dalam mendukung kebutuhan rumah tangga,” katanya.

Sebelumnya, sambung Jai, warga Cigumentong hanya memakai listrik tenaga surya yang merupakan bantuan dari Pemda Sumedang.

“Permohonan untuk penyambungan listrik ini dilakukan sejak tahun 2005 sampai terakhir 2017. Dan Alhamdulillah, sekarang sudah terealisasi. Kami hanya bisa mengucapkan terimakasih kepada pihak PLN, Pak Bupati Dony Ahmad Munir dan pihak pihak yang telah ikut serta mendukung terealisasinya penyambungan listrik ke Cigumentong,” tandasnya.

IMAN NURMAN
RESMIKAN: Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir bersama Manajer PLN UP3 Sumedang, Redi Zusanto saat meresmikan listrik gratis di Kp. Cigumentong Desa Sindulang.

  • Bagikan