Operasi Penertiban Pengguna Jalan Melebihi Tonase

  • Bagikan

KOTA – Dinas Perhubungan Propinsi dan Kabupaten Sumedang menggelar operasi penertiban pengguna jalan yang melebihi batas muatan di Jalan Desa Rancamulya Sumedang Selatan pada Selasa (08/06/2021).

Operasi ini menggunakan sistem penimbangan portable untuk mengetahui berapa muatan yang dibawa oleh truk atau tronton yang berpotensi mengakibatkan kerusakan di jalan

Sekertaris Dinas Perhubungan Sumedang, Atang Sutarno menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut Bupati Sumedang yang memberikan surat kepada Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat yang melarang truk tronton yang melebihi batas beroperasi di jalan raya Sumedang – Wado yang mengakibatkan kerusakan.

“Operasi razia truk tronton yang melebihi batas tadi ada beberapa pelanggaran diantaranya tonase yang berlebihan dan juga surat yang tidak dilengkapi,” katanya.

Baca Juga : Polsek Ganeas, Gelar Operasi Yustisi Secara Mobile

Atang juga menuturkan, pengemudi truk yang telah melanggar dan terkena operasi dari pihaknya diberi tindakan diberikan sanksi penilangan. Karena sesuai aturan yang ada untuk tonase 8 ton boleh beroperasi dijalan ini karena masuk jalan kelas tiga.

“Saya berharap kepada pengemudi demi keselamatan semua, untuk selalu mematuhi aturan kendaraan agar aman dalam perjalanan anda.” Ungkapnya.

  • Bagikan