Banner Iklan bjb

MDMC Kirim Alat Pemotong Kayu dan Alcon ke Korban Bencana Cimanggung

Bantuan Alat MDMC Sumedang

INISUMEDANG.COM – Pasca bencana banjir bandang yang terjadi di Dusun Cisurupan Desa Sawahdadap Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, material sampah dan batang pohon kayu berserakan di mana mana. Imbasnya, harus ada pemulihan daerah pasca dihadang banjir bandang.

Upaya memulihkan kondisi daerah pasca bencana, relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Sumedang, mengirimkan bantuan alat pemotong kayu (Gergaji Mesin), Alcon (Mesin sedot air yang memakai bahan bakar bensin) dan sembako bagi kebutuhan warga yang mengungsi.

Sekretaris MDMC Sumedang, Maman Koswara mengatakan pasca bencana pemulihan daerah di sana perlu diperhatikan. Hasil asesment pihaknya melihat banyak jalan, fasilitas umum dan pemukiman penduduk yang dipenuhi lumpur. Begitu pun akses jalan yang tertutup ranting ranting pohon besar yang tidak bisa dibersihkan dengan alat seadanya.

“Makanya kita kirimkan alat potong mesin kayu ke BPBD dan ke Kades Sawahdadap. Berharap alat itu bisa digunakan untuk membersihkan ranting pohon dan bangkai pohon besar,” ujarnya.

Selain mesin potong kayu, juga pihaknya mengirimkan bantuan alcon atau Mesin sedot air, karena banyak lumpur dimana mana.

“Kita juga mengirimkan mesin penyedot air untuk membersihkan lumpur di gang gang dan depan rumah warga,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Maman, MDMC juga memberikan terpal untuk hunian sementara bagi warga yang mengungsi. Selain bantuan alat MDMC Sumedang juga mengirimkan bantuan relawan yang stanby untuk membantu evakuasi dan memberikan trauma healing bagi warga korban banjir bandang dan longsor di Sawahdadap dan Cikahuripan.

“Kami juga mengirimkan terpal untuk korban mengungsi akibat bencana longsor di Dusun Lebak Kaso Desa Cikahuripan Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Melihat kondisi tenda kurang memadai, Insya Allah kami akan mencoba membangun Hunian Darurat di Cikahuripan”, Tambahnya.

Seperti diketahui, tidak hanya banjir bandang juga terjadi longsor di beberapa titik di Kecamatan Cimanggung