Banner Iklan bjb
Berita  

Jadwal Persib Piala Presiden 2022 Tanpa Penonton, Polisi Ungkap Alasannya

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo

BANDUNG – Jadwal Persib Piala Presiden 2022 yang akan memanfaatkan stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung, tanpa disaksikan penonton secara langsung.

Kepastian itu disampaikan oleh Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo. Usai rapat koordinasi di Mapolresta Bandung, Jl Bhayangkara, Soreang, Senin 27 Juni 2022.

Kusworo menjelaskan ada beberapa alasan. Mengapa jadwal Persib Piala Presiden 2022 pada laga babak 8 besar diputuskan tidak boleh dihadiri penonton dan juga bobotoh.

“Tadi malam kami menerima pemberitahuan dari komisi disiplin PSSI. Ada 4 item dalam pemberitahuan soal jadwal Persib Piala Presiden 2022 tersebut,” kata Kusworo.

Salah satu itemnya, lanjut Kusworo, tidak boleh bertanding di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Kemudian, pertandingan Persib tidak boleh disaksikan oleh penonton.

“Dalam rapat koordinasi bersama panpel Persib Bandung memilih stadion Si Jalak Harupat (SJH) untuk pertandingan pada babak 8 besar,” ucap Kapolresta Bandung.

“Awalnya kami menyiapkan rencana pola pengamanan dengan penonton di Si Jalak Harupat. Tapi ada perubahan, sehingga pola pengamanannya kini berbeda,” sambungnya.

Setelah keputusan laga babak 8 besar tanpa penonton, lanjut Kusworo  Polresta Bandung akan memfokuskan pengamanan di rute-rute menuju stadion Si Jalak Harupat (SJH). 

“Ini fungsinya sebagai upaya penyekatan. Dan kami pasti akan memutarbalikkan seandainya ada suporter yang nekad datang ke stadion saat pertandingan nanti,” katanya.

Kusworo menambahkan untuk pengamanan dalam laga Persib nanti Polresta Bandung akan menerjunkan sekira 1.100 personel gabungan untuk disiagakan disejumlah titik.

“Kami telah meminta bantuan dari bobotoh baik itu Viking, The Boms, maupun Bomber menyosialisasikan kepada suporter bahwa pertandingan nanti tanpa penonton,” ujarnya.

“Kami sarankan bobotoh menyaksikan laga tersebut melalui televisi di rumah masing-masing. Kalau mau menggelar nobar agar tetap melapor supaya kami amankan,” kata Kusworo menandaskan.