oleh

Ini Beberapa Istilah Terkait Virus Corona

Novel Coronavirus (COVID-19) adalah virus baru penyebab saluran pernafasan. Virus ini berasal dari Cina, satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS.

Penyebarannya melalui percikan cairan tubuh yang keluar lewat batuk, bersin atau berbicara. Dengan gejala Suhu tubuh 38 derajat celcius, demam, batuk filek, sesak nafas, letih dan lesu.

Virus ini dapat menyebabkan Pheumonia Ringan, Phemonia berat, gagal nafas dan flu like syndrome.

Dan inilah beberapa istilah yang dapat dirangkum dari berbagai sumber, diantaranya :

ODP (Orang Dalam Pemantauan) adalah singkatan dari orang dalam pemantauan. Seseorang dikatakan masuk dalam kategori ODP apabila ia sempat bepergian ke negara lain yang merupakan pusat penyebaran virus corona. Dan apabila pernah berkontak langsung dengan pasien yang positif corona. Orang yang masuk dalam kelompok ini adalah mereka yang belum menunjukkan gejala sakit.

PDP (Pasien Dalam Pengawasan) adalah dari pasien dalam pengawasan. yaitu, orang yang masuk ke dalam kategori ini sudah dirawat oleh tenaga kesehatan (menjadi pasien) dan menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek, dan sesak napas

Suspeck adalah orang yang diduga kuat terjangkit infeksi COVID-19, dengan menunjukkan gejala virus corona dan pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif corona. Pasien yang masuk dalam kategori ini akan diperiksa menggunakan dua metode, yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing. Pemeriksaan ini akan dilakukan untuk melihat status infeksi corona di tubuh suspect tersebut: positif atau negatif.

Positif (setelah melalui Cek Laboratorium dan Prosedur lain)

Lockdown (Mengunci masuk keluar dari suatu Wilayah/Daerah/Negara)

Social Distancing (Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar Manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak Orang).

Isolasi  (Untuk yang Sakit mengendalikan Penyebaran Penyakit dengan membatasi perpindahan Orang. Mencegah perpindahan Penyakit  dari Orang yang Sakit).

Karantina (Untuk yang Sehat,  Mengendalikan Penyebaran Penyakit dengan membatasi perpindahan Orang. Mencegah perpindahan Penyakit  ke Orang yang Sehat).

Epidemi (Penyebaran Penyakit secara Cepat dengan jumlah terjangkit Banyak dan tidak Normal, Penyebaran disuatu Wilayah), dan Pandemi (Penyebaran terjadi secara Global).

Cara Membersihkan Rumah dengan Desinfektan, Berikut ini adalah rekomendasi dari CDC untuk membersihkan peralatan dengan desinfektan:

  • Gunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan permukaan dengan desinfektan untuk menghindari paparan langsung dengan virus atau bakteri
  • Gunakan juga masker saat Anda membersihkan rumah dengan desinfektan
  • Cuci atau sikat dengan deterjen dan air apabila permukaannya terlalu kotor sebelum desinfeksi
  • Jika permukaannya terlihat bersih, cukup semprotkan larutan desinfektan lalu lap dan biarkan kering dengan udara selama beberapa menit
  • Anda dapat menggunakan larutan desinfektan buatan sendiri atau produk kebersihan yang disetujui oleh EPA yang diharapkan efektif mencegah COVID-19
  • Gunakan desinfektan atau pembersih khusus untuk benda dengan permukaan lunak seperti lantai berkarpet, permadani, dan tirai.

Sumber : dari Berbagai Sumber

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait