Gratis Sekolah di 25 SMA/SMK Swasta Bandung dan Cimahi Ini, Apa Syaratnya?

Sekolah Gratis
Dedi Supandi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat

Estimasi waktu baca: 4 menit

BANDUNG – Sebanyak 25 SMA/SMK Swasta di Kota Bandung dan Cimahi menggratiskan siswanya. Hal ini merupakan bagian dari program Sekolah Swasta Peduli Kaum Dhuafa dan Keluarga Tidak Mampu yang digulirkan Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat tahun 2022 ini.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) Dedi Supandi mengatakan, rencana kuota SMA/SMK swasta gratis untuk di Kota Bandung dan Cimahi yaitu sebanyak 809 siswa.

“Per hari ini dari seluruh data sekolah yang swasta, khusus untuk wilayah kota besar Bandung dan Cimahi itu sudah masuk sekitar 25 sekolah dengan jumlah total 809 kuota yang mereka siap untuk menggratiskan keluarga tidak mampu,” ujar Dedi Supandi, Sabtu (16/7/2022).

Menurut Dedi Supandi, Program Sekolah Swasta Peduli Kaum Dhuafa dan Keluarga Tidak Mampu ini digulirkan mengingat meningkatkannya data keluarga tidak mampu imbas dari Pandemi Covid-19.

Selain itu, Dedi Supandi menjelaskan, bahwa jumlah SMA/SMK/SLB negeri cenderung lebih sedikit disandingkan sekolah swasta. Di mana Jabar hanya memiliki 848 sekolah negeri, sedangkan sekolah swasta sebanyak 4.115.

“Kita sudah melakukan imbauan dari jauh-jauh hari, sejak bulan Februari (2022) kita lakukan bagaimana sekolah swasta untuk turut menggratiskan bagi keluarga tidak mampu,” katanya.