BUMDes Ranggon Optimis Raih Hasil Optimal dari Ternak Domba

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ranggon optimis akan meraih hasil optimal dari hasil ternak penggemukan Domba.

Kepala Desa Ranggon Kecamatan Darmaraja Oo Soemantri mengatakan, dipilihnya usaha penggemukan kambing, karena melihat potensi yang ada serta potensi yang ada di Desa Ranggon.

Selain itu, melihat peluang penjualan domba di Idul Adha nanti, menjadi pertimbangan BUMDes untuk meraup keuntungan dari jual beli domba tersebut.

“Jadi yang dibeli saat ini adalah kambing jenis jantan, kemudian dilakukan penggemukan untuk persiapan Idul Adha nanti,” ujarnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Adapun untuk mengembangkan usaha ternak kambing tersebut, sambung Oo, BUMDes mendapatkan suntikan anggaran dari penyertaan modal awal dari Dana Desa senilai Rp 50 juta untuk pembuatan kandang.

Sedangkan untuk pengadaan domba sendiri, dianggarkan dari Dana Desa Rp 100 juta untuk 60 domba.

Baca Juga : Transformasi UPDB ke Bumdesma, Pengelolaannya Harus Serius

“Jadi awalnya Desa akan memberikan penyertaan modal sebesar 150 juta, tapi karena terbentur aturan perhitungan, terpaksa hanya Rp 50 juta yang selanjutnya dipakai pembuatan kandang. Sementara Rp100 juta pembelian oleh desa berupa domba, yang kemudian setelah dibeli, domba tersebut langsung diserahkan sebagai aset ke BUMDes,” jelasnya.

Oo menambahkan, dari anggaran Rp 100 juta tersebut dibelanjakan untuk 60 ekor domba jantan yang rencananya akan dipasarkan pada Idul Adha nanti.

“Insya Allah kami optimis, bisa mendapatkan hasil yang optimal dari ternak kambing ini,” kata Oo menegaskan.

  • Bagikan