Banner Iklan bjb

Bangunan SD Sukalerang Rusak Akibat Tol Cisumdawu, Disdik Sumedang Minta Segera Direlokasi

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Eka Ganjar

INISUMEDANG.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang mengaku telah mengajukan untuk segera merelokasi SDN Sukalerang 1, pasalnya, sebagian bangunan sudah terbebaskan oleh pihak tol Cisumdawu.

Demikian disampaikan Sekertaris Disdik Kabupaten Sumedang Eka Ganjar ketika diminta tanggapannya terkait Bangunan Sekolah Dasar Negeri Sukalerang 1 di Desa Cikole Kecamatan Cimalaka yang kondisinya memprihatinkan, karena
70 persen rapuh dan tembok serta keramiknya pun retak, akibat terdampak pembangunan tol Cisumdawu.

“Ya, kami sudah mengusulkan setahun yang lalu untuk SDN Sukalerang 1 di relokasi, terkait lahan untuk di relokasi pun sudah disiapkan oleh pihak Desa Cikole. Jadi kami menunggu dari pihak Tol Cisumdawu, mengingat kondisi sekolah SD Sukalerang itu sudah sangat memprihatinkan,” kata Eka Senin 27 Juni 2022 di halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang.

Hingga saat ini, kata Eka, belum ada kejelasan, apakah akan direlokasi atau tidaknya oleh pihak Tol Cisumdawu. Surat pengajuan berbentuk permohonan sudah dilayangkan bahkan setahun yang lalu, mengingat bangunan sekolah sudah sangat memprihatinkan.

“Kami dari Pemda Sumedang tetap mengharapkan bahwa sekolah SDN Sukalerang 1 tersebut harus direlokasi. Alasan kami, bahwa sebagian lahan sekolah itu sudah di bebaskan. Maka dari itu, kami akan terus mendorong dengan pihak CKJT agar bangunan sekolah SDN Sukalerang 1 segera di relokasi,” tutur Eka.

Beda halnya apa yang dikatakan oleh Bagian Lahan CKJT Asep bahwa, pihak CKJT sampai saat ini belum ada serah terima lahan yang sudah dibebaskan apalagi yang menyangkut dengan sekolah SDN Sukalerang 1 Desa Cikole Kecamatan Cimalaka.

“Terkait pembebasan lahan itu ada di ranah PPK Lahan, bukan di ranah CKJT, sampai saat ini, pihak CKJT belum menerima atau serahterima dari pihak PPK Lahan,” ujar Asep menjelaskan secara singkat kepada IniSumedang.Com Kamis 23 Juni 2022.

Sementara itu, Bidang Aset dan Keuangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, Jasman menyebutkan jika pihaknya belum menerima laporan pembebasan lahan dari pihak tol Cisumdawu atau PPK Lahan.

“Kami sampai saat ini, belum menerima berkas pembebasan Tanah Kas Desa (TKD) dari Desa Cikole, yang ada di kami hanya baru 3 desa saja TKDnya yang sudah ada di kami. Terkait bangunan SDN Sukalerang 1 itu berdiri di TKD Desa Cikole, namun sekali lagi saya tegaskan, pihak DPMD Sumedang belum menerima berkas TKD Desa Cikole,” Tegas Jasman kepada IniSumedang.Com.