Akta Kelahiran Hilang, Apa Yang Harus Kita Lakukan ?

  • Bagikan
Ilustrasi Akta Kelahiran
Gambar : Ilustrasi Akta Kelahiran

INISUMEDANG.COM – Akta kelahiran Hilang?, Akta kelahiran salah satu dokumen paling penting yang wajib kamu miliki. Bahkan, dokumen ini sebagai tanda bukti yang sah mengenai status dan peristiwa kelahiran dan menerangkan asal usul hingga jati diri seseorang.

Bahkan, saking pentingnya dokumen akta kelahiran ini sebagaimana dijelaskan dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan pada pasal 27, bahwa Setiap kelahiran wajib dilaporkan oleh Penduduk kepada Instansi Pelaksana di tempat terjadinya peristiwa kelahiran paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak kelahiran.

Akta kelahiran ini dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Lalu bagaimana cara mengurus akta kelahiran yang hilang? Mari kita simak penjelasan dari Prof. Zudan Arif Fakrulloh selaku Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Menurut Prof. Zudan Arif Fakrulloh seperti disampaikan dalam kanal Youtube Dukcapil Kemendagri bahwa jika akta kelahiran kita hilang bahkan kita sudah pindah rumah dari tempat yang dahulu kita dilahirkan, maka pertanyaannya dimanakah kita harus mengurus kehilangan akta kelahiran tersebut?.

Maka penjelesannya adalah, kita mengurus kehilangan akta kelahiran tersebut di tempat alamat kita saat ini yang terter,a baik dalam KTP (Kartu Tanda Penduduk) maupun dalam KK (Kartu Keluarga).

Adapun syarat mengurus cukup membawa surat kehilangan dari kepolisian, boleh dari Polsek atau dari Polres, dan tidak perlu membawa surat pengantar dari RT dan RW bisa langsung datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dimana kita tinggal sekarang.

Selanjutnya Zudan menjelaskan, jika kita masih memiliki fotocopy akta kelahiran yang hilang tersebut itu lebih bagus, namun jika memang tidak ada sama sekali fotocopian akta kelahiran itu juga tidak jadi masalah, karena Dinas Dukcapil nanti yang akan mengurusnya.

  • Bagikan