60 Persen Calon Kades Petahana Tumbang di Pilkades Serentak Sumedang

  • Bagikan
Ilustrasi Pilkades
Gambar : Ilustrasi Pilkades Serentak

INISUMEDANG.COM – 60 persen calon kades Petahana kalah dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades Serentak) Sumedang 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, Endah Kusyaman mengatakan, berdasarkan data sementara yang diterima oleh DPMD, menunjukkan sekitar 60 persen calon kades petahana kalah dalam Pilkades Serentak 2021 ini.

“Jadi dari 60 calon kades petahana yang kembali ikut dalam Pilkades Serentak, data sementara yang masuk ke kami sebanyak 37 orang atau 60 Persen petahana kalah dalam perolehan suara sementara. Sedangkan 23 diantaranya terpilih kembali menjadi Kades,” ujar Endah saat dihubungi, Kamis (28/10/2021).

Kendati demikian, sambung Endah, data tersebut masih bersifat sementara. Karena DPMD Kabupaten Sumedang belum menerima berita acara Penetapan Calon Kades terpilih resmi dari Panitia Pilkades.

“Ini sifatnya masih sementara ya, karena kami belum menerima Berita Acara secara resmi dari para Panitia Pilkades Serentak,” ucap Endah.

Adapun pemilih dalam Pilkades Serentak Sumedang 2021 ini, lanjut Endah, dilaksanakan di 89 desa di 26 kecamatan dengan jumlah DPT sebesar 267.886 orang yang tersebar di 690 TPS dan diikuti oleh 340 calon kepala desa dengan rincian 308 laki-laki, sedangkan 32 orang lainnya adalah perempuan.

  • Bagikan