28 Tahun Tak Pernah Diganti, Akhirnya Pemilihan RW 04 Desa Raharja Dilaksanakan Secara Langsung

  • Bagikan

TANJUNGSARI – Selama hampir 28 tahun tak ada pemilihan RW, Akhirnya pemilihan RW 04 Desa Raharja Kecamatan Tanjungsari sukses dilaksanakan tanpa ekses, Minggu (27/6).

Pelaksanaan digelar secara luber (langsung umum bebas rahasia) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Pemilihan RW 04, Andi Hardiaman ST mengatakan pemilihan RW ini karena habis masa jabatan kepemimpinan RW Elim sesuai Perbup Nomor 72 tahun 2013 dimana masa jabatan RT RT selama 5 tahun. Sehingga, panitia atas petunjuk desa menggelar pemilihan RW.

“Alhamdulilah ada tiga calon yang mendaftar diantaranya nomor urut 1 Rahmat Supriadi, Nomor urut 2 Mumu Mulyati, dan Nomor urut 3 Elim. Proses pelaksanaan digelar secara protokol kesehatan yang ketat dan menjaga jarak serta tak ada kerumunan,” ujarnya.

Sementara itu, jumlah hak pilih di RW 04 berjumlah 623 pemilih, yang terbagi menjadi 6 RT. Teknik pendaftaran dilaksanakan per RT sehingga tidak terjadi kerumunan dan terkontrol.

Andi berharap, siapa saja calon terpilih agar bisa melaksanakan tugas dan wewenang sebagaimana tugas pokok dan fungsinya. Termasuk menjaga kondusivitas lingkungan agar aman, tertib dan nyaman.

Sementara itu, Kepala Desa Raharja Kusnadi melalui Kepala Dusun 1, Amar Maruf menambahkan, karena dulu tidak ada yang mau mencalonkan sebagai RW sehingga pemilihan digelar secara aklamasi (ditunjuk langsung) atas kesepakatan bersama. Namun, alhamdulilah setelah melalui proses sosialisasi dan edukasi ke warga akhirnya ada yang mau mencalonkan menjadi ketua RW dan dilaksanakan secara demokrasi.

“Kami berharap pemilihan RW ini menjadi contoh bagi daerah lain untuk menggelar pemilihan secara demokratis, Luber. Meskipun dengan dana swadaya, alhamdulilah berjalan lancar tanpa kendala. Semoga RW terpilih mampu melaksanakan tugas dengan baik dan amanah kepada warga. Program program pembangunan desa akan berjalan lancar dengan melibatkan RT RW yang kompeten,” tandasnya.

  • Bagikan