1600 orang di Sumedang Berpotensi Terganggu Jiwanya

  • Bagikan
Herman Suyatman

INISUMEDANG.COM – Sebanyak 1600 orang di Sumedang berpotensi terganggu jiwanya, hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Drs. Herman Suryatman, M.Si saat memberikan Sambutan pada Kegiatan Penanggulangan Kesehatan Jiwa Masyarakat di Aula Tampomas, IPP, Kabupaten Sumedang. Senin (25/10/21).

Menurutnya, yang terlayani di Puskesmas baru sebanyak 1500 orang dan tersisa 100 orang. Untuk yang tersisa tersebut akan ditindaklanjuti sehingga dapat terlayani dengan baik di Puskesmas.

“Adapun dari potensi gangguan jiwa tersebut memiliki tingkatan, ada yang ringan, sedang, dan berat, bagi yang ringan dan sedang akan diberikan pelayanan rawat jalan sedangkan yang berat akan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ)”. Ujarnya.

Herman berharap kedepannya masyarakat yang teridentifikasi gangguan jiwa dapat terminimalisir, khususnya di era pandemi saat ini yang dimana dapat memantik seseorang terganggu jiwanya.

“Maka daripada itu, salah satu treatment dalam menghindari gangguan kejiwaan tersebut yakni relaksasi dan rekreasi mengimbangi beban hidup sehingga jiwanya tetal terjaga, ataupun dengan program-progam lainnya yang tidak berkaitan dengan APBD, tapi berbasis tujuan yang dimana dapat berkolaborasi dengan pihak lain hingga mencapai tujuan”. Ucapnya.

Sekda juga menambahkan, agar tidak ada tren peningkatan lagi terkait gangguan kejiwaan di masyarakat yang dimana saat ini sekitar 0,14% dari keseluruhan penduduk teridentifikasi gangguan jiwa diperlukan langkah preventif.

“Harus adanya promotif preventif yakni mempromosikan pencegahan gangguan jiwa pada masyarakat dengan mengadakan program yang kreatif dan inovatif”. Jelasnya.

  • Bagikan