Banner Iklan bjb

Tangani Banjir di Kabupaten Bandung, Ini Langkah BBWS Citarum

Penanganan banjir di Kabupaten Bandung
Langkah BBWS Citarum tangani banjir di Kabupaten Bandung

BANDUNG – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum ikut turun tangan untuk mempercepat penanganan banjir di wilayah Kabupaten Bandung. Yang dipicu meluapnya Sungai Citarum akibat┬ácurah hujan tinggi.

Kepala BBWS Citarum Bastari mengatakan pihaknya telah meninjau langsung kawasan Dayeuhkolot, yang terendam banjir sejak Sabtu 6 Mei 2023. Tak lama setelah hujan di hulu Sungai Citarum.

“Adapun penanganan yang akan segera dilakukan di Kabupaten Bandung untuk menanggulangi bencana banjir yakni melalui sistem pengendali Banjir yang dimiliki BBWS Citarum”. Ungkap Bastari dalam keterangannya kepada wartawan.

Sistem pengendali banjir itu, lanjut Bastari. Yaitu berupa pemasangan parapet ke arah muara dari pintu outlet serta perbaikan pintu outlet folder Bojongsoang. Lalu peninggian tangga pintu di kawasan jembatan Cijagra.

“Selain itu, akan dilakukan pembokaran bangunan liar SP Cipalasari dan Cisirung. Berikutnya, pemasangan ambang dan oprit pada outlet Oxbow Bojongsoang juga harus ditinggikan sesuai elevasi banjir,” katanya.

“Kami juga sudah menginstruksikan agar satgas siaga bencana BBWS Citarum untuk tetap aktif. M engingat sampai pertengahan bulan Mei masih diperkirakan berpotensi hujan lebat,” ucap Bastari menandaskan.