Banner Iklan bjb
Berita  

Siaran TV Analog Mulai Dihapus, Pedagang Elektronik di Sumedang Kebanjiran Order

Toko Elektronik kebanjiran order STB TV Digital

INISUMEDANG.COM – Pemerintah secara resmi menutup secara bertahap siaran TV Analog ke TV Digital sejak Jumat (2/12/2022). Imbasnya, pada Sabtu (3/12/2022) pedagang elektronik yang menjual set top box (STB) di pasar Parakanmuncang dan Jatinangor kebanjiran order.

Deden Gunawan misalnya, warga Cimanggung ini mengaku mencari STB dari pasar Parakanmuncang Cimanggung ke pasar Cicalengka Kabupaten Bandung. Meskipun ada, harganya pun mahal.

“Saya mencari di pasar paramun, habis semua. Kemudian ke pasar Cicalengka, ada tapi mahal Rp350.000 kalau harga normal bisa Rp145.000,” ujarnya.

Lain halnya dengan Iwey, warga Jatinangor yang mengaku kehabisan STB hingga harus mencari ke pasar Cileunyi Kabupaten Bandung.

Seperti diketahui, pengalihan siaran TV analog ke TV digital akan berlanjut di beberapa kota besar di Indonesia tepatnya Jumat, 2 Desember 2022 pukul 23.59 WIB.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan akan menghentikan siaran TV analog di Bandung dan Semarang mulai 2 Desember 2022 atau sebulan setelah Analog Switch Off (ASO) di Jabodetabek.

Maka dari itu, yang selama ini masih menikmati siaran TV analog diharuskan untuk segera beralih ke siaran TV digital.