Satpol PP Sumedang, Segera Sosialisasikan Larangan Buka Bersama dan Halal Bihalal di Perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah

  • Bagikan

INISUMEDANG.COMSelain melarang mudik, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Dalam Negri (Mendagri) resmi mengeluarkan surat edaran bernomor 800/2784/SJ tentang Pelarangan Buka Puasa bersama pada bulan Ramadhan dan kegiatan open house atau halal bihalal pada hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah nanti.

Berdasarkan Surat edaran, maka Gubernur/Bupati/Walikota diminta mengambil langkah yakni, melakukan pelarangan kegiatan buka bersama yang melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah 5 orang selama bulan Ramadhan dan mengintruksikan kepada seluruh pejabat atau ASN untuk tidak melaksanakan open house atau halal bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Menindaklanjuti surat edaran tersebut, Kepala Bidang Penegakan Perundang – undangan Daerah (PPUD) yang juga selaku Anggota Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan pada Satgas Penanganan Covid-19 Kab. Sumedang Yan Mahal Rizzal, SH,.MH, mengatakan, pihaknya akan segera melakukan edukasi dan mensosialisasikan.

“Kami tentunya akan segera mengedukasi dan sosialisasi bahwa untuk buka bersama hanya dapat dilakukan oleh keluarga inti dan 5 orang, seperti yang tertuang dalam edaran tersebut,” kata Rizzal, Rabu (5/5/2021).

Kemudian berdasarkan Surat Edaran itu, sambung Rizzal, bukan berarti dilarang sama sekali, namun buka bersama hanya bisa dilakukan dengan keluarga inti ditambah 5 orang.

“Jadi jelas bukan melarang secara total. Namun jika ditemukan ada yang melanggar ketentuan tersebut, tentunya kami akan mengambil langkah sesuai dengan ketentuan. Dan untuk kapasitas rumah makan atau restoran masih di 50 persen dan jam operasional masih di pukul 21.00 wib,” ujarnya.

Rizzal menambahkan, diterbitkannya surat edaran, karena Pemerintah Pusat berkaca dari terjadinya peningkatan kasus penularan Covid-19 pada perayaan Idul Fitri sebelumnya.

Baca Juga : Jelang Idul Fitri, Satpol PP Sumedang Intensifkan Disiplin Protokol Kesehatan di Pusat Perbelanjaan

“Kami juga masih menunggu tindak lanjut dari Pimpinan membuat regulasi, turunan Surat Edaran tersebut, yang nantinya akan ditujukan ke kepala OPD, BUMD dan lembaga lainnya,” tegasnya.

Rizzal menambahkan, menjelang Hari Raya Idul Fitri ini saat ini, pihaknya sedang mengintensifkan kegiatan Penegakan Hukum Disiplin (Gakumlin) di Pusat Perbelanjaan guna pencegahan dan penyebaran Covid-19.

“Jadi sejak tanggal 4 Mei -17 Mei 2021 nanti, anggota Satpol PP Sumedang terus bekerja keras dalam pencegahan dan pendisiplinan masyarakat dari penyebaran Covid-19. Karena pusat perbelanjaan saat ini berpotensi menyebabkan terjadinya kerukumunan,” tegasnya.

  • Bagikan