Polres Sumedang Ungkap 2 Kasus Kejahatan di Dua Lokasi Berbeda

  • Bagikan

INISUMEDANGPolres Sumedang mengungkap dua kejahatan di wilayah hukum Polsek Sumedang Utara dan Jatinangor dalam sepekan. Kasus yang paling mencolok ialah pembunuhan yang dilakukan di daerah Barak Kecamatan Sumedang Utara.

Setelah buron selama hampir enam bulan, pelaku pembunuhan terhadap seorang wanita di Sumedang Utara yang mayatnya ditemukan di kamar kontrakan akhirnya ditangkap polisi.

Pelaku tak lain adalah keponakan korban yang membunuh dengan cara memukulkan palu / alat penumbuk padi ke arah wajah korban hingga luka di bagian kening dan kepala korban.

“Pelaku ditangkap polisi di Pasar Kiara Condong Bandung, setelah berbulan bulan berpindah-pindah tempat, ke Lampung, Brebes, Jakarta untuk menghindari penangkapan. Sedangkan suplai dana untuk pindah tempat pelaku menjadi pengemis,” ujar Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo dalam siaran persnya.

Kepada polisi, pelaku berdalih melakukan pembunuhan, lantaran korban terus menolak memberi uang dan berkata kasar kepadanya. Emosi dengan ucapan korbanu, pelaku pun menghabisi korban menggunakan alu dan kemudian melarikan diri ke sejumlah wilayah.

“Jajaran kami telah meangkap pelaku pembuhuhan yang kasusnya terjadi pada bulan Januari lalu. Saudara Asep Johan merupakan keponakan dari korban, saat ini kondisi kejiwaanya sedang kami dalami, apakah ada gangguan dengan kejiwaannya. Sebelum peristiwa pembuhuhan terjadi, saat itu pelaku meminjam uang lima ratus ribu kepada korban namun tidak diberi dan memarahi pelaku dengan kata-kata yang membuat pelaku tersinggung, emosi dan melukai korban hingga meninggal dunia,” ujar Kapolres.

Setelah menghilangkan nyawa korban, pelaku pergi ke Bandung lalu ke Lampung, kemudian ke Jawa Timur hingga enam bulan kemudian kembali lagi ke Bandung.

Atas perbuatanna pelaku di jerat Pasal 338 KUHPidana, dengan hukuman penjara paling lama 15 tahun.

Selain mengungkap pelaku pembunuhan, Polres Sumedang Polsek Jatinangor juga mengungkap pelaku pencurian dengan pemberatan yang terjadi pada 5 september di PT Bima Sena Cibeusi dengan sasaran AC. Ditemukan 2 karung sepakat AC. 7 september curat TKP Puskesmas Cisempur, Batur rumpil Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor. Dan TKP di depan Koramil Jatinangor, membawa sajam dan membawa HP para korban, Memepet motor korban kemudian mengacungkan cerulit.

“Kami menghimbau kepada warga Sumedang, mengingat para pelaku tidak jauh dari TKP, jadi pelaku tahu persis keadaan kondisi sekitar. Kami sarankan tidak ada salahnya intansi atau rumah yang ditinggalkan agar memasang keamanan ekstra dan saftey digital,” tandasnya.

IMAN NURMAN
KONPERENSI PERS: Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo didampingi Kapolsek Sumedang Utara Kompol Ibnu, Kapolsek Jatinangor Kompol Aan Supriatna saat ekspos.

  • Bagikan