Ketua RW Harus jadi Garda Terdepan Penanganan Covid 19

  • Bagikan
Askur

JATINANGOR – Meningkatnya kasus Covid 19 di Kabupaten Sumedang menjadi perhatian serius semua pihak. Termasuk anggota DPRD Kabupaten Sumedang. Oleh karena itu, Anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari Fraksi Partai Golkar Asep Kurnia meminta ketua RW dan RT harus menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid 19.

“Ada harapan besar yang saya sampaikan pada kegiatan pelantikan ketua RW yang baru ini, yang pertama tentu RW harus menjadi Garda terdepan dalam melawan covid 19. RW juga menjadi bagian yang paling penting dalam kegiatan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi. Oleh karena itu dibutuhkan data yang akurat terkait dengan warganya yang terkonfirmasi positif Covid 19,” kata Asep Kurnia usai menghadiri pelantikan RW 13 Desa Sayang Kecamatan Jatinangor, Senin (28/6).

Pria yang akrab disapa Akur ini menambahkan, Ketua RW harus bisa mendata mana saja warga yang terkonfirmasi positif covid 19. Termasuk mendata warga yang terkena dampak ekonomi dari Covid 19 ini. Yang perlu di recovery dan dibangkitkan ekonominya.

Anggota Dewan dari daerah pilih (Dapil) 5 itu mengatakan, ketua RT dan RW juga dapat menyampaikan informasi terkait bantuan sosial pemerintah dan tentang kegiatan vaksinasi di lingkungannya.

“Keakuratan data yang dimiliki oleh RW akan sangat membantu pemerintah dalam melakukan langkah-langkah tepat terhadap keluarga yang ada di masing-masing RW. Jadi saya berpesan, perkuat data terkait dengan warga yang ada di lingkungan RW,” tegas Akur.

Dia juga berharap RT khususnya RW giat mensosialisasikan imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan, menjaga jarak, dan memakai masker.

“Di RW 13 ini, sampai hari ini ada satu orang masih terkonfirmasi positif Covid-19. Kita harap tidak bertambah lagi, tentunya dengan peran semua pihak,” ujarnya.

Akur memuji Desa Sayang yang merupakan desa sadar hukum tahun 2020. Desa Sayang menurutnya juga sukses membantu pemerintah, seperti dalam program pembagian handphone bagi para Ketua RW.

“Ketua RW yang melakukan pergantian secara sadar harus melanjutkan progran sapa warga,” jelasnya.

Dan yang paling penting, tambah Akur bagaimana ketua RW di Kabupaten Sumedang benar-benar mempersiapkan diri menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

“Dengan RW yang tangguh, lingkungan juga akan tangguh, khususnya menangani Covid-19 yang tidak jelas kapan akan berakhirnya,” ujarnya.

Terakhir, Akur pun mengucapkan selamat kepada ketua RW 13 terpilih Ibu Euis Dahlia dalam mengemban amanah untuk menjadi ketua RW yang akan memimpin 150 kepala keluarga (KK) kurang lebih.

“Kami mengucapkan selamat bekerja kepada Bu Euis, selanjutnya jadilah contoh RW13 ini menjadi RW yang tangguh dalam menghadapi pandemi covid 19 dan menghadapi pemulihan ekonomi. Selamat bekerja untuk ibu dan kawan-kawan,” tandasnya.

  • Bagikan