Kabupaten Sumedang Kembali Raih Predikat WTP, 7 Kali Berturut-turut

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang kembali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Jawa Barat pada Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020.

Predikat WTP tersebut merupakan ke tujuh kalinya secara berturut-turut setelah sebelumnya juga mendapat predikat yang sama.

Hasil laporan tersebut diserahkan oleh Kepala BPK P Jabar Agus Khotib kepada Wakil Ketua DPRD Sumedang Jajang Heryana, S.E bersama Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T, M.M, yang diserahkan di Gedung BPK setempat di Jalan Moh. Toha, Kota Bandung, Rabu (19/5/2021).

Wakil Ketua DPRD Sumedang Jajang dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa syukur atas diraihnya predikat tersebut dan apresiasi terhadap Pemda Sumedang atas kepatuhan terhadap undang-undang.

Menurutnya, predikat tersebut diraih dengan tidak mudah. Karena pada tahun 2020 merupakan tahun yang cukup pelik, di mana pandemi Covid-19 berimbas kepada keuangan daerah, yang menyebabkan refocusing pada tiap pos anggaran.

“Pengalaman yang luar biasa, karena kemarin saat 2020 kita semua terkena pandemi dan beberapa kali perubahan regulasi bahkan kami selalu direpotkan dengan refocusing. Namun, Alahmdulillah, pada kesempatan ini kami mendapat predikat ini yang ke 7 kali di saat semua dihantam Covid-19. Alhamdulillah, meskipun direfocusing, Sistem akuntabilitas, kecukupan informasi laporan keuangan dan kepatuhan terhadap Undang-undang tetap dapat dijalankan dengan baik,” ujarnya.

Jajang menegaskan, hal tersebut juga tidak terlepas dari pengawasan ketat dari Lembaga DPRD terhadap SKPD-SKPD di Sumedang yang dilakukan secara terus-menerus.

Menurut Jajang, pihaknya mendorong agar peraihan prestasi tersebut tidak cukup sampai di situ saja, tetapi harus selalu dipertahankan dari masa ke masa.

“Sehingga bagaimana pengawasan internal SKPD beserta Inspektorat bisa terus diperbaiki menuju kesempurnaan,” tegasnya.

Selanjutnya, Bupati Dony dalam sambutannya juga menyampaikan rasa syukur atas raihan predikat tersebut. Dony menuturkan keluaran (output) WTP tersebut harus memberikan manfaat yang besar bagi pemerintah

Sebagai ungkapan rasa syukur, kata Dony, pihaknya akan terus meningkatkan kinerja dalam menyelenggarakan roda pemerintahan, melayani masyarakat dan menjalankan pembangunan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Saya bersyukur kepada Allah hari ini mendapat anugrah meraih kembali WTP dari BPK yang ke 7 kali. Tentunya sebagai rasa syukur, kami harus terus meningkatkan kinerja,” ujarnya.

Dony menuturkan, hasil laporan itu juga menjadi referensi bagi pemda Sumedang dalam menentukan kebijakan ke depannya, muali dari kebijakan politik, ekomomi dan sosial budaya.

  • Bagikan