Banner Iklan bjb

Jumat Berkah, Organisasi Gempa di Sumedang Berbagi Sembako Hasil Sedekah Sampah

Program Sedekah Sampah

INISUMEDANG.COM – Program bakti sosial organisasi Gerakan Muda Peduli Alam (Gempa) terhadap sesama dibuktikan dengan pemberian paket sembako kepada warga jompo dan kurang mampu di sekitaran sekretariat Gempa di Dusun Babakan Situ RW 08 Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Jumat 30 Desember 2022.

Koordinator Gempa, Deki Ismailudin mengatakan. Selain pemberian paket sembako juga ada pemeriksaan kesehatan gratis dari mahasiswa keperawatan Bhakti Kencana Bandung.

“Ya kegiatan pembagian sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan agenda rutinan Gempa melalui program sedekah sampah. Dari hasil penjualan sampah yang terkumpul kemudian dibelikan sembako dan dibagikan ke warga kurang mampu,” ujarnya.

Hasil Sedekah Sampah masyarakat itu, kata Deki, setelah satu bulan terkumpul, lalu dibukukan dan diakomodasikan untuk kegiatan sosial. Setelah sebelumnya biaya operasional untuk volunter dan sisanya untuk tabungan membeli ambulan.

Hasil Penjualan Sampah dari Program Sedekah Sampah

“Hasil penjualan sampah itu tidak seberapa, tapi kalau dikumpulkan dan dibagikan ke warga, luar biasa berkahnya. Di program sedekah sampah ini, sampah dari masyarakat untuk masyarakat dan oleh masyarakat. Jadi, bagaimana caranya sampah yang tidak berguna, kami ubah menjadi barang bermanfaat,” ujarnya.

Deki pun mengatakan, program sedekah sampah ini murni hasil jerit payah para volunter Gempa untuk memungut sampah dari masyarakat, kemudian memilah, dan menjualnya. Hasil penjualan sampah ini kemudian dipakai untuk kegiatan sosial, dan sisanya untuk menabung membeli ambulan.

“Alasan kami ingin membeli ambulan karena di daerah kami tidak punya ambulan. Banyak permintaan warga untuk mengantar orang sakit atau yang meninggal dunia. Nah, makanya kami bertekad untuk membeli ambulan, meski steb by step,” ujarnya.

Deki pun berharap, kegiatan sedekah sampah ini bisa dicontoh daerah lain dan komunitas lain untuk memanfaatkan sampah menjadi barang berguna dan bernilai rupiah. Juga berharap semakin banyak donatur sampah plastik, kardus, dan bekas perabotan rumah tangga yang berdonasi ke Gempa. Sebab, semakin banyak donatur sampah maka akan semakin banyak pula warga yang kebagian sembako dari hasil sedekah sampah ini.

“Tiap bulan kami rutin menggelar bakti sosial ini. Jadi, program hasil sedekah sampah kami berikan lagi ke masyarakat. Alhamdulilah hari ini ada 25 paket sembako ditambah pengobatan dan pengecekan kesehatan gratis,” tandasnya.