Izin Belum Keluar, Aktivitas Rehab Gedung Pasifik Dihentikan Sementara

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumedang menghentikan sementara aktivitas rehab gedung Pasific di Jalan Mayor Abdurahman Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan.

Gedung Pasific merupakan aset bangunan milik Pemerintah Provinsi Jawa barat, sekaligus cagar budaya di Kabupaten Sumedang. Dimana dalam perjalanannya, setelah dijadikan Bioskop dan Karaoke Keluarga, gedung tersebut kini, sedang direhab kembali untuk dijadikan tempat penjualan 3 Second.

Namun, pembangunan gedung bersejarah yang berencana dibangun untuk dijadikan tempat penjualan pakaian brand ternama itu ternyata perizinannya belum tuntas.

Untuk itu, Satpol PP bersama Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Sumedang meninjau langsung aktifitas Pembangunan Gedung Pasific, Rabu (23/6/2021)

“Kami bersama OPD (organisasi perangkat daerah) terkait melakukan pengecekan baik dari segi administrasi yang menjadi persyaratan perizinan dan teknis bangunan. Karena berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perizinan DPMPTSP Sumedang, perizinannya masih dalam proses, dan sampai saat ini faktanya perizinan itu belum selesai dan belum dikeluarkan,” kata Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah (PPUD) Satpol PP Sumedang, Yan Mahal Rizzal, SH., MH.

Berdasarkan ketentuan, sambung Rizzal, maka tidak boleh dulu adanya kegiatan untuk melakukan pembangunan ataupun rehabilitasi terhadap gedung Fasifik ini.

Selain itu, kata Rizzal, berdasarkan data fisik teknik bangunan dari Dinas Perkimtan Kabupaten Sumedang, yang akan memberikan rekomendasi mengenai kelayakan bangunan termasuk juga dari pengukuran garis badan jalan. Dimana bangunan tersebut, menjorok ke fasilitas umum baik itu jalan ataupun trotoar, maka terdapat pelanggaran pada proses pembangunan gedung Fasifik itu.

“Hasil pengecekan ini, akan kami tindak lanjuti dan dilaporkan kepada pimpinan. Dan langkah-langkah dari pengecekan laporan ini juga, akan disampaikan kepada pengusaha untuk segera melaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Kabupaten Sumedang,” tandasnya.

  • Bagikan