Bupati: Akselerasi Inovasi Perkuat ASN Agar Lebih Kreatif

  • Bagikan
Bupati: akselerasi inovasi

INISUMEDANG.COM – Upaya meningkatkan kinerja aparatur sipil negara (ASN) Agar Lebih Kreatif dan inovatif, Pemda Sumedang menggelar acara Akselerasi Pembangunan Melalui Inovasi dan Kolaborasi yang bertempat di Aula Tampomas, IPP Kabupaten Sumedang, Kamis (16/09/2021).

Acara yang dibuka Bupati Sumedang, Dr H Dony Ahmad Munir bersama Kepala Litbang Kemendagri itu dihadiri Wakil Bupati Sumedang, Sekretaris Daerah Sumedang, Kepala Badan Litbang Kemendagri, para Kepala SKPD, dan tamu undangan lainnya.

“Pada pagi hari ini, telah berlangsung acara Akselerasi Inovasi Daerah di Era Pandemi dengan narasumber dari Kepala Badan Litbang Kementerian Dalam Negri RI (Dr. Agus Fatoni, M.Si.). Kegiatan ini merupakan reform corner (Pojok Reformasi) yakni untuk mereformasi diri, merubah mindset ASN sehingga bisa lebih inovatif serta kreatif dalam memecahkan berbagai persoalan dalam memberikan pelayanan masyarakat serta mencapai tujuan organisasi,” katanya.

Bupati juga berterima kasih kepada kepala badan litbang kemendagri yang dimana ditengah kesibukannya, hadir di Sumedang untuk memberikan pembekalan serta pencerahan yang sangat bermanfaat.

“Saya berharap apa yang disampaikan pa Agus Fatoni dapat memotivasi dan menginspirasi para ASN dengan instrumen inovasi sehingga dapat mewujudkan tujuan Sumedang Simpati,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Litbang Kemendagri, Agus Fatoni menyampaikan, dalam kinerja pemerintah, butuh adanya Inovasi yang dimana disebut sebagai metode atau cara dalam mensukseskan program yang ada di Pemerintahan.

Menurutnya, ada 6 area inovasi yakni, Inovasi Administrasi, Inovasi Manajemen, Inovasi Kebijakan, Inovasi Teknologi, dan Inovasi Sosial.

“Ada beberapa manfaat dari adanya inovasi di daerah, salahsatunya mempercepat tujuan otonomi daerah sehingga dapat mewujudkan peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat, dan daya saing daerah dengan menumbuhkan prakarsa dan kreativitas,” tandasnya.

  • Bagikan