Banner Iklan bjb

Bendungan Sadawarna Direndam, Warga Mengeluh Akses Jalan Sumedang-Subang Putus Total

Bendungan Sadawarna
Jalan Sumedang - Subang terendam Bendungan Sadawarna

INISUMEDANG.COM – Mulai direndamnya Bendungan Sadawarna yang meliputi Tiga Kabupaten yaitu Subang, Sumedang dan Indramayu pada Kamis 1 Desember 2022 kemarin. Membuat warga di wilayah perbatasan Sumedang -Subang meradang.

Warga yang tepatnya berada di wilayah Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang ini, mengeluhkan terendamnya akses jalan utama yang menghubungkan Sumedang-Subang.

Pasalnya, jalan Lingkar sebagai jalan pengganti dari jalan utama yang terendam. Hingga kini belum rampung dan belum dapat dilalui kendaraan, baik roda 2 ataupun roda 4.

“Iya, kami bingung aja sekarang kalau mau ke Subang harus lewat mana. Karena jalan utama kini telah direndam, sementara jalan lingkar pengganti belum selesai”. Ujar kata Abeng salah seorang warga asal Kecamatan Surian, Jumat 2 Desember 2022.

Akibatnya, lanjut Abeng, kini warga yang akan bekerja, kemudian berjualan, terutama anak-anak yang akan sekolah tidak bisa melakukan aktifitas karena jalan sudah direndam.

“Warga di sini banyak yang bekerja di salah satu perusahaan di , ada juga yang berjualan dan tidak sedikit yang sekolah kini harus terhenti karena jalan direndam,” ujarnya.

“Harusnya, sebelum bendungan Sadawarna direndam jalan lingkar penggantinya sudah selesai. Ini jalan masih proses pengerjaan atau belum rampung jalan utamanya sudah direndam. Akhirnya banyak siswa yang akan sekolah, berjualan dan masyarakat yang akan bekerja tidak bisa melanjutkan perjalanan,” kata Abeng menambahkan.

Abeng menuturkan, bila jalan yang direndam itu merupakan akses satu-satunya yang paling cepat dilalui oleh warga yang akan beraktivitas ke daerah Subang.

“Ada memang jalur lainnya, tapi sangat jauh, sudah jauh jalannya rusak pula,” ucapnya.

Untuk itu, tambah Abeng, saat ini para tokoh masyarakat di wilayah Surian akan mencoba koordinasi dengan pa Camat untuk mencari jalan keluar yang terbaik.

“Para tokoh, rencananya akan menemui pa Camat, untuk mencari solusinya,” tandasnya.