Anggota DPD RI Dorong Moratorium DOB Kabupaten/Kota di Jabar

  • Bagikan
Anggota DPD RI Hj Eni Sumarni
Hj Eni Sumarni, Anggota DPD RI

INISUMEDANG.COM – Anggota DPD RI Hj Eni Sumarni mendorong beberapa daerah di kabupten/kota di Jawa Barat untuk moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB).

Pasalnya, kata Eni, sejumlah wilayah dinilai layak untuk menjadi kabupaten/kota mengingat penduduk Jawa Barat yang cukup padat.

“Terkait moratorium pemekaran wilayah karena diketahui di Jawa Barat baru 27 Kabupaten/Kota dengan penduduk yang hampir 50 juta jiwa”. Ujarnya, pada Selasa (26/10/2021).

Masih menurut Eni, dibanding dengan Jawa tengah dan Jawa Timur yang penduduknya jauh lebih sedikit. Jawa tengah sudah mempunyai 40 kabupaten/kota dan jawa Timur sudah 44 kab/kota. Jadi ini bagi Jawa Barat merupakan suatu kebutuhan dan suatu keniscayaan maka Jawa Barat harus ada pemekaran wilayah kabupaten/kota.

Ia mengatakan, sedikitnya ada lima sampai Enam kabupaten/kota di Jawa Barat yang sudah layak untuk dimekarkan.

“Saya mendukung beberapa daerah untuk di mekarkan seperti Daerah Bogor Barat sudah tidak ada permasalahan tinggal ketuk palu karena sudah bergulir sejak beberapa tahun lalu ,Sukabumi Utara, Garut Selatan, Cirebon Barat dan Cianjur Selatan itu harus sudah bisa dimekarkan karena letak wilayahnya cukup luas bisa berjam-jam dari satu titik ke titik daerah lain 3-4 jam perjalanan bahkan bisa 5 jam,” tuturnya.

Hj. Eni Sumarni berharap moratorium dibeberapa daerah di Wilayah Jawa Barat segera dapat terwujud.

“Moratorium harus sesegera mungkin dibuka untuk JaWa Barat, kami minta Kepres langsung minimal untuk 5 sampai 7 kabupaten/Kota.
Minimal Jawa Barat menjadi 35 Kabupaten/Kota dengan terwujudnya pemekaran diharapanka kesejahteraan penduduknya dapat meningkat dan semakin merata,” harapnya.

  • Bagikan