Banner Iklan bjb

Warga Sumedang Wajib Tahu! Ini 8 Fakta Tempat Menarik di Jawa Barat

Menara Kujang Sepasang Jatigede
Mesjid Al Kamil di Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang

INISUMEDANG.COMProvinsi Jawa Barat yang kaya akan sumber daya alam dan tempat wisata yang menarik, bukan hanya itu, di Jawa Barat pun memiliki bangunan atau monumen sejarah yang dapat dijadikan destinasi wisata bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Jawa Barat.

  1. Waduk Jatiluhur.

Waduk Jatiluhur adalah sebuah bendungan yang terletak di Kecamatan Jatiluhur Kabupatén Purwakarta. Selain itu, waduk ini memliki kapasitas 12,9 miliar meter kubik yang membentang seluas 4500 Km². Besarnya daya tampung membuat Waduk Jatiluhur menjadi PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, selain itu Waduk Jatiluhur juga memiliki nama lain Ir. H Juanda sebagai penghargaan kepadanya sehingga bisa terwujudnya waduk Jatiluhur. Dibangun pada tahun 1957 dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Ir. Sukarno dan diresmikan oleh Presiden Suharto pada tahun 1967.

  1. Gedung Sate

Gedung sate terletak di jalan Diponegoro no 22 Citarum Kecamatan Bandung Wetan Kotamadya Bandung Jawa Barat adalah sebuah bangunan bersejarah yang menjadi ikon Kota Bandung. Saat ini Gedung Sate menjadi pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat sekaligus destinasi wisata. Selama kuran waktu 4 tahun gedung ini dibangun pada tahun 1920 – 1924 banyak dari kalangan ahli dan arsitek yang menilai. Bahwa gedung sate adalah bangunan monumental yang anggun mempesona dengan gaya arsitektur unik.

Musium Geologi Salah Satu Ikon Bandung

  1. Musium Geologi

Musium Geologi yang berada di dekat gedung sate, menjadi salah satu ikon Bandung Jawa Barat. Sehingga Musium ini dibuka untuk kegiatan study tour maupun kunjungan wisatawan biasa. Selain itu digedung musium tersebut teradapat beberapa koleksi bebatuan, fosil dan mineral, serta bisa mempelajari hal ahl yang berkaitan dengan sumber daya.

  1. Observatorium bosscha

Observatorium bosscha terletak di Lembang Jawa Barat yang dibangun oleh himpunan bintang Hindia Belanda dan menjadi tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Pada tahun 2004 Observatorium bosscha dinyatakan sebagai benda cagar budaya oleh pemerintah. Saat ini, observatorium bosscha dijadikan penelitian astronomi selain itu juga digunakan untuk pengamatan Hilal serta dibuka untuk umum.

  1. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan terletak di Kelurahan Kasepuhan Lemah Wungkuk Cirebon didirikan pada tahun 1529. Dahulu, nama keraton ini, Keraton Pakungwati yang menjadi pusat pemerintahan kesultanan Cirebon. Juga memiliki musium yang cukup lengkap, makna dan arsitektur keraton ini terkenal paling bersejarah.

Momen Sejarah Politik

  1. Musium Konferensi Asia Afrika

Musium Konferensi Asia Afrika ini terletak dijalan Asia Afrika No 65 Kota Bandung. Awalnya konferensi Asia Afrika diadakan di Bandung pada 18 – 24 April tahun 1955. Gerakan Non Block ini menjadi momen sangat penting dalam sejarah politik luar negeri Indonésia, sebanyak 29 Negara mengirimkan wakil wakilnya.

  1. Istana Bogor

Istana Bogor adalah salah satu istana kepresidenan Republik Indonesia. Terletak di Kota Bogor yang memiliki luas 28, 86 Hektar. Pada awalnya gedung ini digunakan sebagai tempat peristirahatan jenderal gubernur Hindia-Belanda. Ada total sebanyak 44 jenderal gubernur Hindia-Belanda yang pernah menjadi penghuni istana sebelum diserahakan kepada Pemerintah RI lada tahun 1949. Kini Istana Bogor menjadi peristirahatan Presiden atau wakil Presiden beserta keluarganya.

  1. Waduk Jatigede

Waduk Jatigedé ini, terletak di Kecamatan Jatigede Kabupatén Sumedang Jawa Barat. Pembangunan waduk ini telah lama direncanakan sejak zaman Hindia Belanda. Mulai dibangun tahun 2008 pada masa kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono dan baru diresmikan pada tahun 2015 serta beroperasi penuh pada 2017. Yang dibangun dengan membendung aliran Sungai Cimanuk di wilayah Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang dengan kapasitas tampung 979,5 juta meter kubik air. Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia, selain itu, lebih dari 10 tempat wisata di Waduk Jatigedé saat ini yang menjadi destinasi wisata.

Meski diketahui, selain 8 tempat saat ini banyak sekali bermunculan tempat wisata baru di wilayah Jawa Barat yang tentunya sangat layak untuk dikunjungi.