TMMD ke-110, Kodim Sumedang Bakal Bangun Akses Jalan Lintas Desa Sepanjang 1.2 KM

  • Bagikan
TMMD ke-110

INISUMEDANG.COM – Komando Distrik Militer (Kodim) 0610 Sumedang, mulai laksanakan kegiatan Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 110 tahun 2021, yang lokasinya bertempat di Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar.

Adapun Pra TMMD tersebut, ditandai dengan peletakan batu pertama beronjong Jalan Cilutung-Tanjungmedar, yang dilakukan langsung oleh Dandim 0610 Sumedang Letkol Inf. Zaenal Mustofa, Rabu (3/2/2021).

Dandim mengatakan, untuk kegiatan TMMD kali ini, akan dilakukan dengan pengerjaan jalan lintas desa sepanjang 1.195 meter yang menjadi akses penghubung antar dua desa, yaitu Desa Kertamukti dengan Desa Tanjungmedar.

Dimana nantinya akan melewati lahan pertanian milik masyarakat, serta membuka akses jalan ke perkampungan Sangkup Desa Kertamukti, yang mana saat ini kondisi jalannya masih berupa tanah merah.

“Hasil pemantauan di lapangan, ternyata di wilayah Desa Kertamukti ini, masih ada perkampungan yang sulit terjangkau oleh kendaraan. Karena kondisi jalannya yang masih tanah merah,” tuturnya.

Dandim menuturkan, di Kampung Sangkup tersebut ada sekitar 58 Kepala Keluarga yang tinggal. Kemudian sampai sekarang kondisinya masih belum terlewati akses lalu lintas yang memadai, karena akses jalannya cukup sulit untuk dilewati.

“Jangankan untuk kendaraan roda empat, untuk kendaraan roda dua saja masih sulit. Mudah-mudahan
adanya TMMD ini dapat membantu mobilitas warga di kampung Singkup. Kasian sekali anak-anaknya kalau ke sekolah harus melewati jalan yang licin seperti ini,” kata Dandim menegaskan.

Apabila jalan ini sudah dibangun, sambung Dandim, maka kebutuhan akses transportasi warga Kampung Sangkup akan terpenuhi. Selain itu, masyarakat lainnya juga akan lebih mudah untuk mobilitas ke lahan pertaniannya.

“Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan TMMD ini, mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat. Kemudian saking antusiasnya masyarakat, mereka juga menyatakan kesiapannya dalam berswadaya membantu pelaksanaan Pra TMMD selama satu bulan ke depan,” kaya Dandim.

Dandim menegaskan, kegiatan TMMD itu sendiri merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI dalam upaya lebih mendekatkan diri dengan masyarakat.

Sehingga, sasaran fisik dari program ini akan lebih fokus terhadap pembangunan sarana dan prasarana yang menyentuh langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Pelaksanaan TMMD ke-110 tahun 2021 ini, rencananya akan dimulai pada tanggal 3 Maret 2021 nanti, yaitu dengan jenis kegiatan pembangunan jalan, diantaranya cor beton jalan sepanjang 1.195 meter, pengerasan jalan, pemasangan berobjong, dan pembangunan sarana penunjang. Dan ditargetkan harus selesai selama 30 hari, maka untuk memaksimalkannya sekarang kita laksanakan dulu Pra TMMD selama satu bulan,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Sumedang Endah Kusyaman, untuk kegiatan TMMD ke-110 ini, dianggarkan sebesar Rp 1,3 miliar, yang bersumber dari dua pos anggaran, yaitu Dana Bantuan Keuangan Desa dari APBD Kab. Sumedang sebesar Rp 1 miliar untuk pembangunan jalan. Dan Bantuan Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 300 juta.

“Jadi selain pembangunan akses jalan antar desa. Pada kegiatan TMMD ini juga, akan dilaksanakan kegiatan pembangunan sarana penunjang lainnya, yakni renovasi Mesjid Nurul Iman berikut fasilitas MCK di Dusun Sangkup, sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam mewujudkan Sumedang Simpati,” tandasnya.

  • Bagikan