Tim Yustisi Sumedang Optimalkan Penegakan Prokes untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19

  • Bagikan
Pemantauan tim yustisi

INISUMEDANG.COMTim Yustisi Kabupaten Sumedang melaksanakan pemantauan prokes dengan menyasar ke beberapa wilayah  sejak pemberlakuan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV, Jumat (13/8).

Lebih lanjut Kabid PPUD ada satpol PP Kabuapten Sumedang, Yan Mahal Rizzal saat dikonfirmasi mengatakan kegiatan  itu dilaksanakan bersama unsur TNI, Polri, Dishub, dan Pol PP.

“Lokasinya patroli kewilayahan Bidang Gakumplin Satgas Covid19 Kabupaten Sumedang di Wilayah Kecamatan Sumedang Selatan Posko Kecamatan Ganeas, Posko Kecamatan Rancakalong, Posko Kecamatan Ujungjaya, Posko Kecamatan Pamulihan, Posko Kecamatan Jatinangor, Posko Kecamatan Sumedang Utara”. Ujarnya

Kemudian, lanjut Rizzal Posko Kecamatan Tanjungmedar, Posko Kecamatan Conggeang,              Posko Kecamatan Cibugel, Posko Kecamatan Sukasari, Posko Kecamatan Surian dan Posko Kecamatan Situraja

“Jumlah personil yang  terlibat dalam  kegiatan kemarin yakni dari unsur TNI sebanyak 30 personil, Polri  30 personil, Satpol PP 40 personil,Dishub, 10 personil dengan jumlah keseluruhan 100 personil,” jelasnya.

Ia mengatakan tim yustisi memberikan edukasi, melakukan pendisiplinan secara persuasive dan humanis melalui edukasi dan Sosialisasi/woro-woro terhadap warga dan pelaku usaha/penanggung jawab, agar tetap mentaati protokol kesehatan dan hal-hal lainnya yang diatur sesuai dengan ketentuan.

“Beberapa jenis kegiatan  yang kami lakukan kemarin, yang pertama memberikan edukasi terhadap masyarakat dan pelaku usaha untuk selalu melaksanakan protokol Kesehatan secara ketat sesuai dengan pemberlakuan PPKM Darurat sesuai Peraturan Bupati Sumedang Nomor 85 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan  Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Level 4 Corona Virus Disease 2019, dengan melaksanakan pola hidup 5 M sehingga dapat memutus penyebaran Corona Virus Disease 2019’. Ucapnya.

Kata Rizzal, kemudia melakukan pendisiplinan secara persuasive dan humanis melalui edukasi dan Sosialisasi/woro-woro terhadap warga dan pelaku usaha/penanggung jawab, agar tetap mentaati protokol kesehatan dan hal-hal lainnya yg diatur sesuai dengan ketentuan sebagaimana Perbup Nomor 5 tahun 2021 tentang tentang Pengenaan Sanksi adminstratif terhadap Pelanggaran Tertib Kesehatan dalam Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Penanggulangan Corona Virus Disease 2019.

“Selain itu memberikan sanksi administratif terhadap perorangan dan pelaku usaha/penanggung jawab kegiatan sebagaimana diatur dalam pasal 4 dan 5 Peraturan Bupati Sumedang nomor 5 tahun 2021 tentang Pengenaan Sanksi adminstratif terhadap Pelanggaran Tertib Kesehatan dalam Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Penanggulangan Corona Virus Disease 2019”. Ucapnya.

Rizzal menambahkan, Pengenaan Sanksi Administratif pada kegiatan hari ini dilaksanakan sesuai dengan jenis sanksi administrative sebagaimana diatur pada pasal 6 Peraturan Bupati Sumedang nomor 5 tahun 2021, serta besaran penetapan denda administrative sebagaimana diatur pada pasal 10 sampai pasal 20 Perbup Sumedang Nomor 5 Tahun 2021.

  • Bagikan