Telkom University Dorong UMKM Sumedang Melek Komunikasi Digital

Komunikasi Digital UMKM
Telkom University Dorong UMKM Sumedang Melek Komunikasi Digital

BANDUNG – Para dosen Telkom University (Tel-U) Kabupaten Bandung menggelar Pelatihan Pengembangan Keterampilan Public Speaking dan Komunikasi Digital bagi pelaku UMKM dari Kabupaten Sumedang.

Dosen Prodi Digital Public Relations Lusy Mukhlisiana mengajak para pelaku UMKM Sumedang untuk meningkatkan kompetensi komunikasi. Karena komunikasi merupakan modal awal bagi UMKM untuk berbisnis.

“Ini demi menjangkau jejaring hingga pada akhirnya akan meningkatkan penjualan produk. Secara khusus pelaku UMKM perlu meningkatkan kompetensi komunikasinya menjadi komunikator yang baik,” ungkapnya.

“Menyusun pesan agar dapat diterima oleh khalayak, menentukan media atau platform komunikasi yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan. Hingga bagaimana mengelola komunikasi,” sambung Lusy.

Hal senada disampaikan Dosen Prodi Public Relation Telkom University Sri Dewi Setiawati. Dia mendorong pelaku UMKM Sumedang perlu memahami komunikasi digital sebagai bentuk adaptasi di era 4.0.

“Melalui komunikasi digital pelaku UMKM dapat memaksimalkan berbagai media digital sebagai sarana penyebaran informasi membangun interaksi dengan konsumen. Ini satu indikator UMKM naik kelas,” katanya.

Tak hanya berhenti sampai pemanfaatan media digital, lanjut Dewi. Kegiatan pada media digital khususnya medsos tak hanya sampai pada penayangan atau penyebaran konten, tetapi harus diikuti pemantauan.

Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Wudan Lukmanul Hakim memberikan semangat dan harapannya kepada para peserta agar pelatihan ini bisa membantu mengatasi masalah UMKM.