Satpol PP Sumedang, Kembali Ciduk ASN yang Keluyuran di Jam Kerja

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumedang, kembali menciduk ASN (Aparatur Sipil Negara) yang keluyuran di bukan jam istirahat dan malah mengunjungi area perbelanjaan seperti Mall, Pasar, Rumah Makan.

ASN tersebut terjaring dalam razia penegakan hukum dan pendisiplinan (Gakkumlin) bagi Aparatur di lingkup Pemerintah Daerah yang dilaksanakan di hari kedua.

Kegiatan hari kedua Gakkumlin ini, dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah (PPUD) pada Satpol PP Sumedang, Yan Mahal Rizzal ke beberapa lokasi sasaran antara lain dipusat perbelanjaan, Mall, supermarket, tempat pemancingan, Rumah makan, Caffe, Perbankan, Pertokoan serta beberapa Perkantoran, Rabu (16/6/2021).

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan Kualitas dan Disiplin kerja terhadap ASN di Kabupaten Sumedang.

“Kegiatan hari kedua ini, ada dua ASN dan dua honorer dan satu orang perangkat Desa yang terjaring razia. Untuk mereka diminta untuk mengisi surat pernyataan yang kemudian akan disampaikan langsung ke Pimpinan OPD-nya masing-masing tempatnya bekerja,” ujar Rizzal.

Baca Juga : Sidak Penggalian Tanah Urug Di Desa Cileles Kacamatan JatinangorIni Kata Kabid PPUD Satpol pp

Rizzal menuturkan, dasar kegiatan razia Gakkumlin ini, yaitu UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara,
Permen Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, Perbup Sumedang Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Kode Etik Pegawai Negeri Sipil serta Perbup Sumedang Nomor 53 Tahun 2020 Tentang Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru.

“Selain melaksanakan razia Gakkumlin, pada kesempatan ini juga, pihaknya melakukan sosialisasi dan edukasi terkait pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan di masa pandemi Covid-19,” ujar Rizzal.

Rizzal menambahkan, dalam beberapa hari kedepan kegiatan Gakkumlin ini, masih akan dilakukan ke tingkat kecamatan dan desa/Kelurahan termasuk pengecekan atas kesiapan satgas Covid-19 di masing-masing wilayahnya.

Kegiatan ini, kata Rizzal, dalam rangka meningkatkan pencegahan dan memutus mata rantai Covid-19 dengan PPKM Mikro atau PSBB Proporsional.

“Kami juga melakukan sosialisasi dan edukasi terkait pentingnya Protokol Kesehatan dan PHBS (Pola hidup bersih dan sehat). Terlebih saat ini kasus konfirmasi positf Covid-19 di Sumedang sedang mengalami peningkatan,” kata Rizzal menegaskan.

  • Bagikan