Banner Iklan bjb

Rencana Pembangunan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan Dikritik PSDK

Peta rencana pembangunan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan

BANDUNG – Pusat Sumber Daya Komunitas (PSDK) mengkritik rencana Bupati Bandung Dadang Supriatna yang akan membangun jalan tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan.

Direktur PSDK Gunawan meminta Bupati Bandung mempertimbangkan rencana itu. Sebab, akan muncul dampak negatifnya jauh lebih besar ketimbang manfaatnya nanti.

“Jika tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan direalisasikan bakal mengancam ekologi yang ada di kawasan Bandung Selatan,” kata Gunawan saat dikonfirmasi wartawan.

Berbicara cekungan Bandung, lanjut dia, kawasan Bandung Selatan yang masuk wilayah pemerintahan Kabupaten Bandung adalah benteng terakhir di tatar ukur.

“Setelah akses tol dibuka, pasti akan ada perubahan fungsi ruang, dari semula hutan dan pertanian, akan berubah menjadi kawasan komersil,” ucap Direktur PSDK itu.

Menurut Gunawan, saat ini sejumlah elemen di Tanah Pasundan sedang berupaya agar Bandung Selatan itu tidak terlalu rusak dengan berbagai upaya demi menjaganya.

“Kalau tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan itu jadi, bisa kebayang cekungan Bandung akan kesulitan air. Karena wilayah hulu di sana merupakan daerah tangkapan air,” katanya.

Jika Bupati Bandung, lanjut dia, memiliki orientasi tol untuk tingkatkan Pendapatan Asli Daeah (PAD) di bidang pariwisata, maka tidak semestinya dengan cara seperti itu. 

“Untuk mengatasi kemacetan menuju objek wisata Bandung Selatan itu sediakan saja transportasi yang nyaman dan murah dengan rute Soreang-Ciwidey,” ungkapnya.

“PAD dari jalan tol pun tidak akan signifikan. Bahkan tidak akan berbanding lurus dengan kerusakan alam yang akan terjadi di kawasan Bandung Selatan,” kata Gunawan.

Diberitakan sebelumnya, demi membangun tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan, Pemkab Bandung saat ini mulai menggandeng pihak PTPN VIII dan Perum Perhutani.

Rencananya pembangunan tol tersebut akan dilaunching pada 18 April 2022 mendatang untuk memberikan hadiah menyambut Hari Jadi ke-381 Kabupaten Bandung.

“Sudah ada kesepahaman antara Pemda dengan PTPN VIII dan Perhutani. Kita akan bangun Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan,” kata Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Dengan adanya jalan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan ini, lanjut Politisi PKB, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Bandung di masa nanti.