Perda Tentang Kepemudaan, Kado Spesial Hari Sumpah Pemuda

  • Bagikan
Drg. H. Rahmat Juliadi, M.Kes

INISUMEDANG.COM – Drg. H. Rahmat Juliadi, M.Kes. Politisi senior PKS yang juga sebagai pimpinan Pansus Raperda kepemudaan ini mengatakan, momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021 di kabupaten Sumedang ada kado spesial yang diberikan bagi pemuda yakni disahkannya raperda kepemudaan menjadi Perda pada bulan juni yang lalu setelah beberapa tahun tertunda pembahasan nya.

Perda tentang Kepemudaan adalah langkah maju untuk kemajuan pemuda Kabupaten Sumedang dalam mewujudkan Sumedang sebagai kabupaten layak pemuda,” ujar Rahmat.

Dia mengatakan dengan Perda kepemudaan kedepan pemerintah daerah melalui disparbudpora dan para stakeholder harus fokus mendorong terwujudnya Kabupaten Sumedang sebagai kabupaten layak pemuda

Keberadaan perda kepemudaan ini menjadi salah satu indikator penilaian untuk menjadi kabupaten layak pemuda, sehingga Disparbudpora dan dinas lainnya yang terkait tinggal menggerakan indikator-indikator lainnya, seperti organisasi, mendorong usaha kepemudaan agar muncul dan mandiri serta yang lainnya,” kata Rahmat

Selain itu Rahmat pun mengatakan bahwa Perda Kepemudaan ini menjadi bukti komitmen dan dukungan DPRD Kabupaten Sumedang terhadap perkembangan kepemudaan di Kabupaten Sumedang
“Perda tentang kepemudaan merupakan landasan hukum yang harus dilaksanakan dan dijalankan oleh pemda sumedang. Namun yang utama adalah semangatnya,” Ujar Rahmat.

Dia mengatakan bahwa perda ini bertujuan untuk membentuk pemuda yang berkepribadian sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan.

“Satu hal terpenting Perda ini telah mengamanatkan kepada Pemda Sumedang untuk memberikan dukungan terhadap pembangunan dan ketersediaan sarana kreativitas pemuda di Kabupaten Sumedang”

Kepada para pemuda dan elemen kepemudaan, Rahmat mengajak untuk bersama-sama berlari menjemput masa depan.

Pemuda menurutnya, harus menjadi bagian dari jawaban dan bukan terjebak dalam persoalan-persoalan, mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan, baik nasional maupun global.

  • Bagikan