Melintas di Pokso Penyekatan, Mobil Xenia Pembawa Ratusan Miras Diamankan Satpol PP

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Sumedang, berhasil menangkap tangan kendaraan Pengangkut Miras saat melintas Posko Penyekatan Cibeusi Kecamatan Jatinangor, Kamis (6/5/2021) sekitar Pukul 11.30 WIB.

Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah (PPUD) pada Satpol PP Kab. Sumedang Yan Mahal Rizzal SH., MH., mengatakan, kendaraan berjenis Daihatsu Xenia itu, diamankan ketika melintas dan dilakukan pemeriksaan oleh Petugas yang bertugas di Posko Penyekatan Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kab. Sumedang.

“Ratusan minum keras berupa, Draft Beer 500 ml sebanyak 408 Kaleng, Panther Black Beer 620 ml sebanyak 24 Botol, Draft Beer 620 ml sebanyak 12 Botol, El Diablo* 330 ml sebanyak 24 Botol, kami amankan. Sedangkan satu orang atas nama Arif Kurniawan selaku Supervisor, diminta untuk datang ke PPNS Satpol PP Sumedang pada Senin 10 Mei mendatang, untuk dimintai keterangan,” kata Rizzal.

Rizzal menuturkan, jika ratusan botol miras tersebut merupakan mili dari PT. Berlian Emas Sejahtera Terus yang rencananya akan dikirim ke Toko Tampomas yang beralamat di Jalan Tampomas Kelurahan Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara, dan untuk barang bukti yang lainnya akan dikirim ke Wilayah Bandung.

“Jadi keterangan dari supervisor dan salesnya, bahwa minuman yang mengandung alkohol jenis Draft Beer 500 ml Sebanyak 408 kaleng akan dikirimkan ke Toko Tampomas yang beralamat di Jalan Tampomas Kelurahan Kota Kaler,” ujarnya.

Rizzal menegaskan, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kab. Sumedang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Pelarangan Peredaran Minuman Beralkohol, dan juga Perda Kab. Sumedang Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaran Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Untuk barang bukti sesuai dengan jumlah barang tersebut diatas diamankan oleh PPNS Satpol PP Kabupaten Sumedang.

Adanya temuan ratusan botol miras tersebut, kata Rizzal, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat yang mengetahui informasi terkait peredaran minuman keras, untuk tidak segan-segan melaporkan ke Satpol PP.

“Kami akan siap melayani masyarakat selama 24 jam. Dan kami akan siap juga terjun kelapangan untuk memberantas jika ada informasi terkait peredaran minuman keras atau minuman beralkohol di Kabupaten Sumedang,” tegasnya.

  • Bagikan