Banner Iklan bjb

Kreativitas Pengarajin Pipa Rokok Berbahan Kayu Senokeling

Pengrajin Pipa Rokok Berbahan Kayu Senokeling

INISUMEDANG.COMKayu Seno Keling, Ruyung Aren, menghasilkan kerajinan tangan Pipa Rokok. Pembuatnya berasal dari Dusun Pakemitan RT 03/03 Desa Situraja Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang.

Udin (60) pengerajin pipa rokok mengaku sudah sekitar satu tahun lama nya menggeluti pekerjaan tersebut hingga sekarang.

Ia bekerja sendiri dalam membuat kerajinan dikediamanya tersebut. Dalam satu hari perajin bisa membuat belasan pipa rokok.

Kedepan dalam pengerjaan kerajinan ia berkeinginan melibatkan warga dan generasi muda untuk membuka lapangan kerja dan menambah penghasilan mereka.

“Mudah-mudahan kedepannya saya bisa memperkejakan warga untuk membantu menambah nambah penghasilan mereka,” Kata Udin ditempat aktivitasnya.

Ia menyebutkan saat ini sudah ada permintaan pesanan dari beberapa orang di Sumedang, sedangkan permintaan dari luar kota masih jarang.

“Saat ini sudah ada beberarapa orang  yang pesan pipa rokok, tapi permintaan masih dalam jumlah kecil,” ujarya.

Hasil kerajinan asal Situraja tersebut rupanya mendapat tanggapan positif dari penggemar pipa rokok. Bahkan telah menjadi buah bibir di kalangan komunitas penggemar pipa rokok di seputar Situraja.

Pipa rokok buatan Udin dibanderol mulai harga Rp 20.000 ribu hingga 30.000 rupiah. Saat ini ia mengaku masih terkendala modal, pemasaran dan mesin produksi.

“Saat ini kami membutuhkan mesin produksi, bantuan modal dan bantuan pemasaran,” pungkasnya.