Keluyuran di Jam Kerja, 13 ASN di Sumedang Terjaring Razia Gakkumlin

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Dalam rangka meningkatkan Kualitas dan Disiplin kerja terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sumedang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumedang menggelar razia Penegakan hukum dan pendisiplinan (Gakkumlin) bagi Aparatur di lingkup Pemerintah Daerah, Selasa (15/6/2021).

Hasilnya, sebanyak 13 ASN dan 6 orang non ASN (Honorer) terjaring razia Gakkumlin yang digelar Satpol PP, karena kedapatan keluyuran bukan jam istirahat dan malah mengunjungi area perbelanjaan seperti Mall, Pasar, Rumah Makan.

Selain menjaring ASN yang keluar saat jam kerja, pada kegiatan Gakumlim ini juga, Satpol PP juga menyambangi kediaman anggotanya yang tidak melaksanakan tugas.

“Jadi, pada kegiatan Gakumlim ini, kami tidak hanya melakukan pendisiplinan terhadap ASN yang berkeliaran saat jam kerja, tetapi melakukan pendisiplinan secara internal terhadap anggota Satpol PP yang tidak melaksanakan tugas dengan mendatangi langsung ke rumahnya,” kata Kepala Satpol PP Sumedang Bambang Riyanto melalui Kepala
Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah (PPUD) pada Satpol PP Sumedang, Yan Mahal Rizzal.

Adapun dasar kegiatan razia Gakkumlin ini, sambung Rizzal, yaitu UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara,
Permen Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, Perbup Sumedang Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Kode Etik Pegawai Negeri Sipil serta Perbup Sumedang Nomor 53 Tahun 2020 Tentang Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru.

“Untuk para ASN dan honorer yang terjaring razia, diminta untuk mengisi surat pernyataan yang kemudian akan disampaikan langsung ke Pimpinan OPD-nya masing-masing tempatnya bekerja,” ujar Rizzal.

Setelah itu, kata Rizaal, pimpinan OPD juga harus memberikan hasil pembinaannya kembali ke Satpol PP, atas sanksi yang diberikan kepada ASN yang terjaring razia Gakkumlin. Dan laporana dari Kepala OPD tersebut, akan diserahkan kembali kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

“Jadi hasil razia ini, kami akan serahkan ke Kepala OPD masing-masing dan Kepala juga harus memberikan laporan kembali ke Satpol PP, sebagai bahan pelaporan ke BKPSDM Sumedang,” ucapnya.

Baca Juga : Keliaran Saat Jam Kerja, ASN di Sumedang Siap-siap Kena Sanksi

Rizzal menuturkan, dalam kegiatan Gakumlim ini, Satpol PP membagi 3 tim yang diberi tugas masing-masing.

“3 Tim ini disebar keberbeda tempat, seperti Mall, Pasar Sandang serta ke Kantor OPD lainnya. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan efek jera juga terhadap ASN yang lalai menjalankan tugasnya,” kata Rizzal menegaskan.

Selain melaksanakan razia Gakkumlin, tambah Rizzal, pada kesempatan ini juga, pihaknya melakukan sosialisasi dan edukasi terkait pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Selain melaksanakan operasi Gakumlim, kami juga melakukan sosialisasi dan edukasi terkait pentingnya Protokol Kesehatan dan PHBS (Pola hidup bersih dan sehat). Terlebih saat ini kasus konfirmasi positf Covid-19 di Sumedang sedang mengalami peningkatan,” tandasnya.

  • Bagikan