Kecamatan Sumedang Selatan Adakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Yang Meninggal Akibat Covid-19

  • Bagikan
Kecamatan sumedang selatan

SUMEDANG SELATAN – Meningkatnya korban meninggal akibat Covid-19, Pemerintah Sumedang melalui Kecamatan Sumedang selatan bersama PKM Sumedang Selatan, melaksanakan kegiatan Pelatihan pemulasaraan jenasah yang meninggal akibat Covid-19 tingkat kec. Sumedang selatan, yang bertempat di aula desa sukajaya kecamatan Sumedang Selatan. Senin, 28/06/2021.

Kegitaan tersebut dihadiri oleh Camat Sumedang selatan, PKM Puskesmas Sumedang Selatan, MUI Sumedang, dan 25 Para Peserta Pelatihan wilayah Desa dan Kelurahan di Sumedang Selatan.

Dalam pembukaanya Camat Sumedang Syarif Effendi Badar. S.Sos.M.Si menyampaikan bahwa pada saat ini Kabupaten Sumedang sangat prihatin, semakin hari perkembangannya semakin mengkhawatirkan peningkatan kasus terkonfirmasi baik itu Sweep dan lainny terus meningkat.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini sebagai peran kita membantu Pemerintah dalam penanganan Covid, melihat tempat Rumah Sakit daerah yang sudah penuh dengan pasien, kita sebagai tim relawan sudah mempunyai dasar penanganan jenasah akibat covid,” Ungkapnya.

Syarif berharapa setelah pelatihan dan ilmu yang diberikan kepada peserta, diharapkan seluruh Kelurahan dan Desa segera membentuk tim relawan dari tingkat perwakilan RT/RW untuk penugasan pemulasaraan jenasah  sehingga hal hal yang tidak terduga Kita sudah siap.

Hal senada disampikan oleh PKM Sumedang Selatan Sri Rahayu AMKl menyampaikan pemeliharaan jenazah akibat covid yang baik, baik dari dalam maupun dari luar rumah sakit.

“Perawatan jenazah dalam masa pandemi ini meliputi menggunakan baju APD, dalam hal ini Puskesmas akan memberikan ke tiap desa/kelurahan,memandikan, mengkafani bahkan menyediakan peti jenazah dengan tujuan agar wabah virus Covid tidak menyebar ke sekitarnya”. Jelasnya.

Padapun rosedur perawatan jenazah yang meninggal akibat Covid-19 ini adalah sebagai berikut :

  1. Mencuci tangan sebelum memakai sarung tangan
  2. Memakai pelindung wajah dan jubah
  3. Luruskan tubuh jenazah dan letak- kan dalam posisi terlentang dengan tangan di sisi atau terplipat di dada
  4. Tutup kelopak mata dan/atau ditutup dengan kapas atau kasa; begitu pula mulut, hidung dan telinga
  5. Beri alas kepala dengan kain handuk untuk menampung bila ada rembesan darah atau cairan tubuh lainnya
  6. Tutup anus dengan kasa dan plester
  7. Lepaskan semua alat kesehatan dan letakkan alat bekas tersebut dalam wadah yang aman
  8. Tutup setiap luka yang ada dengan plester kedap air
  9. Bersihkan tubuh jenazah dan tutup dengan kain bersih untuk disaksikan oleh keluarga
  10. Pasang label identitias pada kaki
  11. Cuci tangan setelah melepas sarung tangan
  12. Bungkus jenazah dengan kain kaifan atau kain pembungkus lain dan masukan kedalam peti sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut

Sri Rahayu berharap Semoga pandemi Covid di sumedang ini tidak bertambah lagi korban meninggal, apabila kita mematuhi peraturan Pemerintah dengan melaksanakaan 5M.

  • Bagikan