Kebutuhan Logistik Pengungsi Cimanggung, Dipastikan Tercukupi Untuk Dua Bulan ke Depan

INISUMEDANG.COMPemerintah Daerah Kabupaten Sumedang kebutuhan logistik untuk para pengungsi selama dua bulan kedepan bisa tercukupi dengan baik.

Selain itu, menjamin bahwa bantuan logistik dari donatur bagi para pengungsi bencana tanah longsor di Cimanggung dipastikan aman dan tersalurkan.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman saat diwawancara usai penanaman pohon di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, Minggu (31/1/2021) kemarin.

“Kami bisa pastikan semua donasi aman dan tersalurkan kepada pengungsi. Tidak ada kepentingan lain dari kami kecuali logistik harus tersampaikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Herman.

Menurutnya, semua donasi dari para donatur, baik yang berupa uang maupun barang yang keluar masuk dikelola dengan baik dan teradministrasi melalui aplikasi SITABAH.

“Untuk donasi, tentunya terkelola secara profesional. Apalagi kami sudah membuat aplikasi SITABAH. Semua teradministrasi dan di-input dalam aplikasi, baik uang maupun barang,” tuturnya.

Herman menuturkan saat ini pihak Pemerintah Daerah Sumedang akan melakukan konsolidasi dengan TNI-Polri untuk memastikan kapasitas gudang, termasuk keamanannya.

“Karena pasca tanggap darurat ini yang akan mengkoordinasikan adalah BPBD dibantu oleh lintas SKPD rermasuk TNI-Polri,” tuturnya.

Herman menambahkan, untuk penyimpanan logistik, yang semula difokuskan di tiga tempat, saat ini akan lebih difokuskan di dua tempat yaitu di Kantor Kecamatan dan SMAN Cimanggung.

Namun, apabila di SMAN Cimanggung aman, akan dikonsentrasikan disana.

“Tetapi, jika nanti kurang aman, ada kemungkinan sebagian kita alihkan ke gudang BPBD Kabupaten Sumedang,” tandasnya.