Kawanan Monyet Merusak Hasil Pertanian Enam Desa di Sumedang, Begini Respon Anggota Komisi 4 DPR RI

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Kawanan monyet yang merusak lahan pertanian di enam wilayah desa di Kecamatan Ganeas, Kabupaten Sumedang, dikeluhkan warga.

Untuk menindaklanjuti keluhan warga tersebut. Anggota Komisi IV DPR RI, bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, dan perwakilan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), turun tangan untuk meninjau secara langsung ke lokasi.

“Belum lama ini saya menerima keluhan, bahwa di daerah ini banyak sekali monyet yang merusak pertanian masyarakat. Untuk menindaklanjuti keluhan tersebut, saya bersama Pa Sekda Sumedang dan dari Kementerian Kehutanan, sengaja datang ke lokasi ini”. kata Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sutrisno, di Kantor Desa Sukawening, Kecamatan Ganeas, Kabupaten Sumedang Jumat, 14 Januari 2022.

Selain untuk menampung aspirasi masyarakat, kata Sutrisno, kedatangannya ke Sumedang ini, memang untuk memastikan kondisi areal pertanian masyarakat di wilayah Kecamatan Ganeas, yang belakangan ini selalu diserang kawanan monyet.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan SMS (Sumedang, Majalengka, Subang) ini menuturkan. Serangan kawanan monyet di wilayah Kecamatan Ganeas ini, memang perlu segera ditangani.

Sebab apabila apabila terlalu lama dibiarkan, nantinya akan terus-terusan merugikan masyarakat.

“Tadi saya telah melihat secara langsung ke areal perkebunan masyarakat. Di lokasi, warga juga mengeluhkan kepada saya soal serangan monyet tersebut,” ujar Sutrisno, saat melakukan kunjungan ke daerah pemilihannya.

Sutrisno Berkoordinasi Dengan Kementerian Kehutanan

Guna menindaklanjuti masalah tersebut. Sutrisno saat itu juga langsung berkoordinasi dengan pihak Kementerian Kehutanan, agar segera dilakukan upaya penangan yang serius.

“Sudah saya koordinasikan. Nanti katanya akan langsung disurvei dan ditindaklanjuti, dengan mendatangkan pawang monyet,” kata Sutrisno.

Hal demikian dibenarkan pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman. Yang saat itu ikut mendampingi Anggota Komisi IV DPR RI meninjau perkebunan warga yang kerap diserang kawanan monyet.

“Masalah serangan kawanan monyet ke lahan pertanian warga di Kecamatan Ganeas ini, akan segera ditindaklanjuti. Barusan Pa Dewan juga telah langsung berkoordinasi dengan pihak Kementerian Kehutanan,” ujar Herman.

Menurut Herman, Pemerintah Daerah Kabupaten, akan selalu merespon setiap keluhan dan persoalan yang terjadi di masyarakat. Termasuk soal keluhan serangan monyet yang merusak pertanian warga di Kecamatan Ganeas ini, Pemda Sumedang akan terus memfasilitasi upaya penanganan hama pertanian dari jenis hewan primata ini.

Sebagaimana diketahui, ribuan kawanan monyet tersebut, secara terus menerus merusak semua area pertanian, hingga para petani di wilayah tersebut alami kerugian.

Lahan-lahan pertanian yang selalu diserang dan dirusak kawanan monyet itu, tersebar di enam wilayah desa, yakni wilayah Desa Sukawening, Dayeuhluhur, Tanjunghurip, Ganeas, Sukaluyu dan Cikoneng.

  • Bagikan