Jalin Keakraban, Kapolsek Cibugel Saling Tukar Pikiran

  • Bagikan
jalin keakraban

CIBUGEL – Menjalin keakraban menjelang serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek Cibugel IPTU Ucu Abdurahman berkunjung ke kediaman Kapolsek Cibugel yang lama AKP Idan yang kini menjabat Kabag Logistik Polres Sumedang, di Mapolsek Cibugel, Rabu (30/6).

Dua perwira Polisi ini saling bertukar pikiran dan merencanakan program untuk memajukan Polsek Cibugel dan Polres Sumedang.

Kapolsek Cibugel IPTU Ucu Abdurahman mengatakan meski belum Sertijab dirinya sowan ke Kapolsek Cibugel yang lama sekaligus silaturahmi ke anggota Polsek Cibugel. Menurut Ucu wilayah hukum Polsek Cibugel membawahi 7 desa yang dibackup 15 anggota. Daerah pegunungan dan pedesaan, membuat dirinya harus beradaptasi pasca menjabat di Polda dan Polsek Jatinangor yang notabene daerah perkotaan.

“Memang karakter Cibugel berbeda dengan Jatinangor. Disini adat desa dan sikap gotong royong warga masih terjalin baik. Namun, saya harus belajar ke pak Idan selaku senior saya untuk memahami karakter masyarakat disini,” ujarnya.

Secara beban kerja, memang cakupannya luas dan medannya terjal. Namun, untuk laporan kepolisian terbilang sedikit karena memang aktivitas masyarakat cenderung di kebun dan hutan. Berbeda dengan Jatinangor wilayah sempit namun pemukiman padat. Termasuk jumlah laporan kepolisian pun terbilang banyak karena daerah urban.

“Namun kami akan sowan ke sejumlah pihak dan elemen masyarakat untuk pendekatan. Hari pertama bertugas akan ke Kecamatan dan Koramil. Nanti ke tokoh masyarakat dan agama,” ujarnya.

Sementara itu, AKP Idan menambahkan sangat mengapresiasi sekali kedatangan IPTU Ucu Abdurahman datang ke Mapolsek Cibugel untuk pendekatan dengan anggota dan pemetaan terhadap wilayah geografis di Cibugel.

Menurut Idan, meski daerah pegunungan dan pedesaan, namun Cibugel daerah perlintasan antara Kabupaten Garut Limbangan dan Sumedang. Sehingga karakteristik masyarakat Cibugel lebih mirip mirip warga Garut. Daerah ini pun sebagai penyangga pertanian untuk daerah Garut, Bandung dan Sumedang.

“Mayoritas hasil tani memang dijual ke Garut dan Bandung, karena mayoritas disini berprofesi sebagai petani,” ujarnya.

AKP Idan pun berpesan ke Kapolsek baru agar menjaga kondusivitas wilayah terutama menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Covid 19 di wilayah hukum Polsek Cibugel. Termasuk menjaga kamtibmas agar aman dan kondusif.

“Disini memang daerah pedesaan, tapi tetap jalinan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, agama, pemuda harus dijalin. Meskipun karakteristik masyarakat tidak sekomplek di daerah perkotaan,” tandasnya.

  • Bagikan